eprintid: 67761 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/77/61 datestamp: 2020-03-03 02:30:31 lastmod: 2020-03-03 02:30:31 status_changed: 2020-03-03 02:30:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratama, Odhi creators_name: Astuti, Kun Setyaning title: Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android “Teman Bernyanyiku” untuk Meningkatkan Teknik Vokal Paduan Suara Anak di SD Muhammadiyah Sagan ispublished: pub subjects: H1 divisions: pps_seni full_text_status: public keywords: Android, multimedia interaktif, paduan suara anak, teknik vokal abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis android “Teman Bernyanyiku” untuk meningkatkan teknik vokal paduan suara anak; (2) menguji kelayakan multimedia interaktif yang dihasilkan tersebut menurut ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran paduan suara, dan siswa; (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif tersebut untuk meningkatkan teknik vokal paduan suara anak. Penelitian ini adalah research and development yang mengacu pada model ADDIE. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran paduan suara, dan siswa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas III dan IV sejumlah 31 anak pada Paduan Suara SD Muhammadiyah Sagan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket validasi ahli, angket respon praktisi pembelajaran paduan suara, angket respon siswa, dan tes teknik vokal. Kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dianalisis menggunakan konversi 4 kategori kuantitatif. Keefektifan multimedia interaktif diukur dengan persentase siswa yang melampaui kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif “Teman Bernyanyiku” berbasis Android pada peningkatan teknik vokal paduan suara anak. Multimedia interaktif tersebut dinilai layak oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran paduan suara, dan siswa dengan skor 3,77; 3,58; 3,94; dan 3,82 secara berturut-turut. Multimedia interaktif tersebut dinyatakan efektif pada peningkatan teknik vokal paduan suara. Siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sebanyak 74,19 %. date: 2019-10-23 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Seni thesis_type: tesis referencetext: Aizid, Rizem. 2011. Sehat dan Cerdas dengan Terapi Musik. Yogyakarta: Laksana. Asra, Darmawan dan Riana (2007). Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Dirjendikti : Jakarta A.M. Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada. Dewantara, K. H. (1977). Karya Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa. Suryabrata, Sumadi. (1988). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Juvonen, Antti., Ruismäk. Heikki., Lehtonen., Kimmo. 2012. Music Education Facing New Challenges. Journal Procedia – Social and Behaviora Sciences, 45, 197 – 205. Kustandi, Sucipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Altas, B. (2015). Knowledge Construction in Multimedia Learning at Both Cognitive and Affective Level. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 1448-1454. Angeli, C., & Valanides, N. (Eds.). (2014). Technological pedagogical content knowledge: Exploring, developing, and assessing TPCK. Springer. Cooper, N. A. (1995). Children's singing accuracy as a function of grade level, gender, and individual versus unison singing. Journal of Research in Music Education, 43(3), 222-231. Böhme, G., & Stuchlik, G. (1995). Voice profiles and standard voice profile of untrained children. Journal of Voice, 9(3), 304-307. Ferrer, R., Puiggalí, J., & Tesouro, M. (2018). Choral singing and the acquisition of educational values. International Journal of Music Education, 36(3), 334-346. Glass, G., & Hopkins, K. (1996). Statistical methods in education and psychology. Psyccritiques, 41(12). Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance- based solutions. John Wiley & Sons. 97 Liturgi, T. P. M. (2013). Menjadi dirigen III. Liturgi, T. P. M. (1993). Menjadi Dirigen III Membina Paduan Suara. Lum, C. H., & Chua, S. L. (2016). Teaching living legends: Professional development and lessons for the 21st century music educator. Springer Singapore. Maaruf, S. Z., & Siraj, S. (2013). The State of Technology and the Arts-Interactive Multimedia in Enhancing Culturally Responsive Pedagogy. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 103, 1171-1180. Mahmud, K. T., Alam, M. F., Kabir, G. M. S., Islam, M. T., & Saima, A. (2011). Impact of fishery credit on the household expenditure of the fisherman in Bangladesh. Global Journal of Finance and Economics, 8(2), 165-173. Malik, S., & Agarwal, A. (2012). Use of multimedia as a new educational technology tool-A study. International Journal of Information and Education Technology, 2(5), 468. Mizener, C. P. (1993). Attitudes of children toward singing and choir participation and assessed singing skill. Journal of Research in Music Education, 41(3), 233-245. Mohler, J. L. (2001). Using interactive multimedia technologies to improve student understanding of spatially-dependent engineering concepts. In Proceedings of the GraphiCon. Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Mulyatiningsih, E. (2011). Evaluasi Proses Suatu Program. Bumi Aksara. Paul Suparno, (2004). Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta : Kanisius. Roblyer, M & Doering, A.H. 2010. Integrating Educational Technology Into Teaching. Boston: Pearson. Satyaputra dan Aritonang. (2014). Beginning Android Programming with ADT Budle. Jakarta: Elex Media Komputindo. Soeharto, AH. 1979. Kamus Musik. Jakarta: PT Gramedia. 98 Pramono, G. (2007). Aplikasi Component Display Theory dalam multimedia dan web pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Teknologi Pendidikan. Schwier, R., & Misanchuk, E. R. (1993). Interactive multimedia instruction. Educational Technology. Soewito, M. 1996. Teknik Termudah Belajar Vokal. Bandung: Titik Terang Sugeng Purwantoro, Heni Rahmawati, dan Achmad Tharmizi. (2013). Mobile Searching Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service (LBS) Berbasis Android. Jurnal. Politeknik Caltex Riau. (Vol 1 hlm 177) Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta Sutopo, A. H. (2003). Multimedia interaktif dengan flash. Yogyakarta: Graha Ilmu. Suhardjo. 1996. Berbagai Cara Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara. Suparno, P. (2004). Teori inteligensi ganda dan aplikasinya di sekolah. Yogyakarta: Kanisius. Syaodih, N. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Tagg, B. (1993). Building the American children's choir tradition. Choral Journal, 33(8), 7. Thaci, D., Chambers, C., Sidhu, M., Dorsch, B., Ehlken, B., & Fuchs, S. (2010). Twice‐weekly treatment with tacrolimus 0.03% ointment in children with atopic dermatitis: clinical efficacy and economic impact over 12 months. Journal of the European academy of dermatology and venereology, 24(9), 1040-1046. Wannapiroon, P. (2014). Development of research-based blended learning model to enhance graduate students’ research competency and critical thinking skills. Procedia-Social and behavioral sciences, 136, 486-490. Ware, C. (1998). Basics of vocal pedagogy: The foundations and process of singing. New York: McGraw-Hill. Wassum, S. (1979). Elementary school children's vocal range. Journal of Research in Music Education, 27(4), 214-226. citation: Pratama, Odhi and Astuti, Kun Setyaning (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android “Teman Bernyanyiku” untuk Meningkatkan Teknik Vokal Paduan Suara Anak di SD Muhammadiyah Sagan. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67761/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67761/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67761/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67761/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67761/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67761/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67761/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67761/8/Lampiran.pdf