eprintid: 67756 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/77/56 datestamp: 2020-03-02 08:27:27 lastmod: 2020-03-02 08:27:27 status_changed: 2020-03-02 08:27:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Bakar, IKa Setiawati A. creators_name: Sugiyarto, Sugiyarto title: Pengembangan Visualisasi Tiga Dimensi Virtual Reality (3D-VR) terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. ispublished: pub subjects: F3 divisions: pps_kimia full_text_status: public keywords: Visualisasi 3D, Virtual Reality, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar Kognitif, Kesetimbangan Kimia abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik media visualisasi 3D- VR pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik kelas XI SMA, (2) kualitas media visualisasi 3D-VR pada materi kesetimbangan kimia dari penilaian dosen ahli, pendidik kimia dan peserta didik, dan (3) perbedaan sikap ilmiah dan prestasi belajar kognitif peserta didik SMA yang dengan media visualisasi 3D-VR. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media visualisasi 3D-VR dengan desain pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) penilaian ahli, (5) revisi produk, (6) uji awal, (7) revisi produk, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) desiminasi. Penilaian produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik dengan rincian 15 peserta didik untuk uji coba awal dan 31 peserta didik untuk uji pelaksanaan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket sikap ilmiah, dan soal tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Media visualisasi 3D-VR pada materi kesetimbangan kimia, menyajikan simulasi praktikum secara virtual, menarik dan interaktif, (2) Media visualisasi 3D-VR pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik termasuk dalam kategori baik ditinjau dari penilaian aspek materi dan aspek media yang dilakukan oleh ahli, pendidik kimia dan hasil uji coba kepada peserta didik, (3) terdapat perbedaan sikap ilmiah dan prestasi belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media visualisasi 3D-VR dan yang tidak menggunakan media visualisasi 3D-VR. date: 2019-09-23 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Kimia thesis_type: tesis referencetext: Altun, E., Demirdag, B., Feyzioglu, B., Ates, A., & Çobanoglu, I. (2009). Developing an interactive virtual chemistry laboratory enriched with constructivist learning activities for secondary schools, Procedia Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1895-1898. https://doi.org/10.1016/ j.sbspro.2009.01.333 Anwar, H. (2009). Penilaian sikap ilmiah dalam pembelajaran sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2(5), 103-114. Retrieved from http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JPI/article/view/593 Ardac, D., & Akaygun, S. (2004). Effectiveness of multimedia-based instruction that emphasizes molecular representations on students’ understanding of chemical change. Journal of Research in Science Teaching, 41(4), 317–337. https://doi.org/10.1002/tea.20005 Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada. Asfari, U., Setiawan, B., & Sani, N. (2012). Pembuatan aplikasi tata ruang tiga dimensi gedung serba guna menggunakan teknologi virtual reality [Studi Kasus: Graha ITS Surabaya]. Jurnal Teknik ITS. 1(1), 540-544. https://doi.org/10.12962/j23373539.v1i1.1866 Atinah, S. (2012). Media pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka. Aunurrahman. (2013). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bahm, A. (1980). What is science. Albuquerque, New Mexico: World books. Berta, S., Febriliyan, S., & Nisfu, A.S. (2013). Pembuatan aplikasi 3D viewer mobile dengan menggunakan teknologi virtual reality (Studi Kasus: Perobekan bendera belanda di hotel majapahit). Jurnal Teknik Pomits, 2(2), 397-400. https://doi.org/10.12962/ j23373539.v2i2.4662 Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: an introduction. 4th Ed. New York: Longman, Inc. Brinson, J.R. (2015). Learning Outcome Achievement In Non-Traditional (Virtual and Remote) Versus Traditional (Hands-On) Laboratories: A Review Of The Empirical Research. Computers & Education, 87(1), 218 – 237. https://doi.org/ 10. 1016 / j. compedu.2015.07.003 84 Chittleborough, G., & Treagust, D.F. (2007). The modelling ability of non-majorchemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry Educational Research and Practice, 8(3), 274-292. https://doi: 10.1039/B6RP90035F Cohen, L., Manion, L., & Marrison, K. (2007). Research methods in education. New York: Madison Avenue. Dalgarno, B., Bisho, A.G., Adlong, W., & Bedgoodjr, D. R. (2009). Effectiveness of a virtual laboratory as a preparatory resource for distance education chemistry students. Computers & Education, 53(3), 853-865. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.05. 005 Dalgety, C., Coll, K. R., & Jones, A. (2003). Development of chemistry attitudes and experiences questionnaire (CAEQ). Journal of Research in Science Teaching, 40(7), 649 – 668. https://doi.org/10.1002/tea.10103 Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Darmawan, D. (2012). Inovasi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Djamarah & Zain. 2010. Strategi belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Dimyati & Mudjino. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Effendy. (2002). Upaya mengatasi kesalahan konsep dalam pelajaran kimia dengan menggunakan strategi konflik kognitif. Media Komunikasi Kimia. 2, 1-12. Retrived from https://harjonohanis.files.wordpress.com/2015/11/jipk-volume-6-nomor-2- tahun-2012.pdf Garrison, D. R., & Akyol, Z. (2009). Role of instructional technology in the transformation of higher education. Journal of Computing in Higher Education, 21(1), 19–30. https://doi:10.1007/s12528-009-9014-7 Garson, G. D. (2016). Validity and reliability. North Carolina: Statistical Associates. Gilbuena, D., Kirsch & Koretsky. (2012). Use of an authentic, Industrially situated virtual laboratory project to address engineering design and scientific inquiry in high schools. Advance in Engeneering Education. 3(2), 1-32. Retrieved from https://advances.asee.org/wp-content/uploads/vol03/issue02/papers/aee-vol03- issue02-p08.pdf 85 Glasglow, N. A., Cheyne, M., & Yerrick, R. K. (2010). What successful science teachers do- research-based strategies. Thousand Oak, California: Corwin. Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Herga, N. R., & Dinevski, D. (2012). Virtual laboratory in chemistry-experimental study of understanding, reproduction and application of acquired knowledge of subject’s chemical content. Organizacija, 45(3), 108-116. Retreived from http://organizacija.fov.uni-mb.si/index.php/organizacija/article/view/461/876 Herrani, C.R. (2015). Penggunaan virtual lab untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa pendidikan biologi dalam menggunakan alat-alat mikrobiologi. Widya Dharma Jurnal Kependidikan, 27(2), 160-174. Retrieved from http://e- journal.usd.ac.id/index.php/WidyaDharma/article/view/890/703 Jahro, Iis, S., & Susilawati. (2009). Analisis penerapan metode praktikum pada pembelajaran ilmu kimia di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1), 20 – 26. Retrivied from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/278 Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational technology: A definition with commentary. New York: Lawrence Erlbaum Assiciates. Johnstone, A.H. (2000). Teaching of chemistry logical or psycological. Chemistry Education: Research and Practice in Europe. 1(1), 9-15. Retrieved from http://www.chem.uoi.gr/cerp/2000_January/pdf/056johnstonef.pdf Karpudewan, M., David, F.T., Mocerino., Mauro., Won, M., & Chanrasegaran, A.L. (2015). Investigating high school students’ understanding of chemical equilibrium concepts. International Journal of Environmental & Science Educational. 10(6), 845-863. doi: 10.12973/ijese.2015.280a Kattree, R., & Naik, D.N. (2000). Applied multivariate statistics with SAS software, 2nd Edition. USA. John Wiley & Sons Inc Lacrama, D. (2007). Virtual reality. Journal Anale Seria Informatica, 5(1) 137-144. Retrieved from http://anale-informatica.tibiscus.ro/download/lucrari/5-1-17- Lacrama.pdf Mahanta, A., & Sarma, K.K. (2012). Online resource and ICT-aided virtual laboratory setup. International Journal of Computer Application, 52(6), 44-48. https://doi: 10.5120/8210-1622 Marjono, M. (1996). Penilaian sikap ilmiah. Bandung: Tarsito 86 Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrument tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press. Mukhtar. (2003). Desain pembelajaran pendidikan agama islam. Jakarta : CV Fifamas. Mulyasa, E. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Mulyatun. (2013). Laboratorium kimia virtual: alternatif pembelajaran kimia untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa tadris kimia iain walisongo semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 7(1), 1031-1043 Retrivied from https://journal.unnes.ac.id/ nju/index.php/JIPK/article/view/6530 Nandang & Dede. (2013). Pembelajaran quantum dan optimalisasi kecerdasan. Bandung : Alfabeta. Pekdag, B. (2010). Alternative methods in learning chemistry: learning with animation, simulation, video and multimedia. Journal of Turkish Science Education,7(2), 111- 118. Retrieved from http://www.tused.org/ internet/tused/ archive/v7/i2/ text/tusedv 7i2a5.pdf Purba, M. (2004). Kimia untuk SMA kelas XI 2B. Jakarta: Erlangga Rahayu, Fuldiaratman, & Ernawati. (2014). Pengaruh media laboratorium virtual dalam pembelajaran larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 8 Muaro Jambi. Hal 3-8. Sardinah, M., Tursinawati., & Noviyanti, A. (2012). Relevansi sikap ilmiah siswa dengan konsep hakikat sains dalam pelaksanaan percobaan pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. http://www.serambimekkah.ac.id/. 13(2), 70-80. Retrieved from Sarlito, W.S. (2010). Pengantar psikologi umum. Jakarta: Rajawali Pers. Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, N. (2012). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. 87 Sukardi. (2009). Metodologi penelitian pendidikan (kompetensi dan praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara. Sumargo, E., & Yuanita, L. (2014). Penerapan media laboratorium virtual (PhET) pada materi laju reaksi dengan model pengajaran langsung. Unesa Journal of Chemical Education, 3(1), 119-133. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical- education/article/view/7112/7579 Suparman, M. (2012). Desain intruksional modern. Jakarta: Erlangga. Suryani., N, Setiawan., A, & Putria., A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sutrisno. (2011). Pengantar pembelajaran inovatif. Jakarta: GP Press. Tatli, Z. & Ayas, A. (2012). Virtual chemistry laboratory: Effect of constructivist learning environment. Turkish Online Journal of Distance Education. 13(1), 183 – 199. Retrieved from http://tojde.anadolu.edu.tr/yonetim/icerik/makaleler/740 published.pdf Tusiyam, S. N. H. (2011). Pemanfaatan laboratorium biologi untuk mencapai standar kompetensi pembelajaran biologi kelas XI IPA semester I di MAN Kendal, Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang. Tuysuz, C. (2010). The effect of the virtual laboratory on students’ achievement and attitude in chemistry. International Online Journal of Educational Sciences, 2(1), 37-53. http://mts.iojes.net//userfiles/Article/IOJES_167.pdf Retrieved from Wahono, R. S. (2006). Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran, diakses dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media pembelajaran/, diakses pada 3 September 2018 UNESCO. (2006). Media education: A kit for teachers, students, parents and professionals. (D. Frau-Meigs, Peyunt.) Paris: CLEMI. Widoyoko, E. P. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wu, H., Krajcik, J.S., & Soloway, E. (2001). Promoting understanding of chemical representations: students’ use of a visualization tool in the classroom. Journal of Research in Science Teaching, 37(7), 821-842. https://doi:10.1002/tea.1033 citation: Bakar, IKa Setiawati A. and Sugiyarto, Sugiyarto (2019) Pengembangan Visualisasi Tiga Dimensi Virtual Reality (3D-VR) terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67756/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67756/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67756/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67756/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67756/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67756/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67756/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67756/8/Lampiran.pdf