@phdthesis{UNY67747, year = {2020}, month = {March}, author = {Cahya Lintang Pertiwi}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SD NEGERI KARANGJATI SLEMAN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67747/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas 4 SD Negeri Karangjati, Ngaglik, Sleman Tahun Ajaran 2019/2020 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 4 semester ganjil SD Negeri Karangjati tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 28 peserta didik. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan dan observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II. Pada kondisi awal pratindakan hasil belajar menunjukan sebesar 39,28\% peserta didik mencapai KKM. Pada siklus I peneliti mendapati hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM sebesar 42,80\%. Selanjutnya pada siklus II peneliti memperoleh hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM sebesar 82,20\%. Hal ini berarti bahwa target penelitian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu 80\% peserta didik yang mengikuti pembelajaran muatan IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) memperoleh nilai ?67. Hasil nilai keterampilan diskusi kelompok peserta didik pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50\% dan meningkat pada pertemuan 2 sebesar 70\%. Pada siklus II hasil keterampilan diskusi kelompok peserta didik pada pertemuan 1 sebesar 90\% dan meningkat pada pertemuan 2 sebesar 100\%, artinya peserta didik telah mencapai kriteria keberhasilan pada keterampilan diskusi kelompok dengan kategori sangat baik. Kata kunci: model Student Team Achievement Division (STAD), hasil belajar muatan IPS SD} }