TY - THES AV - restricted TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA LITERASI INFORMASI IKLAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI NYAEN I TAHUN AJARAN 2019/2020 ID - UNY67739 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/67739/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman pada literasi informasi iklan melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas V SD Negeri Nyaen I Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Nyaen I yang berjumlah 32. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara studi pendahuluan, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman pada literasi informasi iklan. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya persentase keterlaksanaan proses pembelajaran. Selain itu, peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman pada literasi informasi iklan ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dan peningkatan jumlah peserta didik lulus KKM. Sebelum dilakukan penelitian, rata-rata kelas adalah 5,87 dengan rincian 21,875% peserta didik lulus KKM dan 78,125% peserta didik belum lulus KKM. Rata-rata kelas pada siklus I meningkat 0,38 menjadi 6,25 dengan rincian 40,625% peserta didik lulus KKM, dan 59,375% peserta didik belum lulus KKM. Sedangkan rata-rata pada siklus II meningkat 1,25 menjadi 7,50 dengan rincian 81,25% peserta didik lulus KKM, dan 18,75% peserta didik belum lulus KKM. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, literasi informasi iklan, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Y1 - 2020/03/02/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Sudwiyanto, Hasna Nur Halimah ER -