@phdthesis{UNY67701, year = {2019}, school = {Program Pascasarjana}, title = {Profil Pembelajaran Kejuruan Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Di Kota Yogyakarta.}, author = {Rizza Utami Ermawati and Wagiran Wagiran}, month = {August}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67701/}, keywords = {Profil Pembelajaran Kejuruan, Teknik Kendaraan Ringan Oto}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan rumusan profil pembelajaran kejuruan pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. (2) menganalisis profil pembelajaran kejuruan yang ada pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru produktif dan siswa SMK kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di Kota Yogyakarta dengan jumlah 57 guru dan 525 siswa. Sampel yang digunakan yakni guru produktif 50 guru dan siswa kelas XI dengan jumlah 222 siswa. Penentuan sampel dengan proportional random sampling dengan teknik Isaac dan Michael. Data-data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pembelajaran kejuruan yang baik dilihat pada: (1) rumusan profil pembelajaran kejuruan pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif terdiri dari 7 aspek yaitu model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, materi ajar, peran guru produktif, serta evaluasi pembelajaran (2) profil pembelajaran kejuruan pada aspek model pembelajaran dengan persentase pencapaian 81,92\% yakni sesuai, aspek metode pembelajaran dengan persentase pencapaian 83,01\% yakni sesuai, rumusan profil pembelajaran kejuruan pada aspek strategi pembelajaran dengan persentase pencapaian 81,44\% adalah sesuai, media pembelajaran dengan persentase pencapaian 81,56\% adalah sesuai, bahan ajar dengan persentase pencapaian 79,44\% adalah kurang sesuai, peran guru produktif dengan persentase pencapaian 80,09\%, evaluasi dengan persentase pencapaian 81,24\%.} }