%0 Thesis
%9 S1
%A Junaidi, Ardina
%B Pendidikan Luar Biasa
%D 2012
%F UNY:6770
%I FIP-UNY
%T EFEKTIVITAS METODE IDEOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS 1   DI SLB N KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH  
%U http://eprints.uny.ac.id/6770/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode ideovisual terhadap peningkatan kemampuan kosakata  anak tunarungu kelas dasar 1 di SLB N Kotagajah Lampung Tengah.  Penelitian ini menggunakan metode  kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment, desain penelitian yang digunakan one group pretest–posttest design. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik sampling dan mengambil subjek sebanyak 4 orang siswa tunarungu kelas dasar 1 SLB N Kotagajah lampung Tengah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, test dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif  dan ditampilkan dalam bentuk presentase dengan membandingkan antara posttest dan pretest,  jika adanya perubahan kearah positif maka penelitian ini efektif.   Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan metode ideovisual memberi pengaruh terhadap kemampuan kosakata anak tunarungu kelas dasar 1 di SLB N Kotagajah Lampung Tengah . Hal ini ditunjukkan dari adanya perubahan kearah positif dari masing-masing subjek. Subjek PB mengalami perubahan kemampuan kosakata kearah positif 30% setelah perlakuan, subjek NK mengalami perubahan kemampuan kosakata kearah positif  30% setelah perlakuan, subjek NHK mengalami perubahan kemampuan kosakata kearah positif 25% setelah perlakuan dan subjek AAS mengalami perubahan kemampuan kosakata kearah positif 25% setelah perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui metode ideovisual kemampuan kosakata anak tunarungu dapat ditingkatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunan metode ideovisual efektif dan memberikan dampak perubahan yang positif terhadap peningkatan kosakata anak tunarungu ringan.      Kata kunci: Efektivitas metode ideovisual,  kemampuan kosakata, anak tunarungu ringan.