%0 Thesis %9 S2 %A Istiqamah, Nurul %A Nuchron, Nuchron %B Pendidikan Teknologi dan Kejuruan %D 2019 %F UNY:67689 %I Program Pascasarjana %K kesiapan, sekolah menengah kejuruan, teaching factory %T Kesiapan Guru, Siswa, dan Sarana Prasarana Dalam Pelaksanaan Teaching Factory pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Di Kota Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/67689/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingakat kesiapan pelaksanaan teaching factory pada program keahlian teknik komputer dan jaringan SMK di Kota Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kesiapan tersebut dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek kesiapan guru, aspek siswa, aspek manajemen, dan aspek sarana dan prasarana. Penelitian dilaksanakan di empat SMK Kota Yogyakarta yaitu SMKN 2, SMKN 3, SMK Muhammadiyah 1, dan SMK Muhammadiyah 2. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dengan responden sebanyak 18 guru, 113 siswa, empat wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan empat ketua program keahlian. Berdasarkan hasil uji validaitas instrument dengan taraf signifikan 5 %, didapatkan nilai r tabel=0,361 untuk angket siswa, r tabel=0,456 untuk angket guru maka hasil uji validitas untuk instrument siswa terdapat empat butir yang tidak valid dan 22 butir pertanyaan yang valid. Sedangkan untuk instrumen guru juga terdapat empat butir yang tidak valid dan 22 butir pertanyaan yang valid. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tingkat kesiapan pelaksanaan teaching factory pada aspek guru dengan skor rata-rata 69,8421 termasuk kategori siap. (2) Kesiapan pelaksanaan teaching factory pada aspek siswa termasuk dalam kategori siap dengan nilai rata-rata sebesar 69,354. (3) Pada aspek pengelolaan, kesiapan pelaksaan teaching factory termasuk dalam kategori kurang siap dengan skor rata-rata sebesar 66,125. (4) Prasarana termasuk dalam kategori siap dengan skor rata-rata sebesar 69,354.