%T EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %I UNY %D 2012 %L UNY6768 %A Prihadi Wisnu Rachmad %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesiapan pembelajaran dengan menggunakan e-learning pada jurusan bangunan. Kesiapan yang dinilai terdiri dari kesiapan guru, kesiapan siswa dan kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran e-learning di sekolah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII, guru (normatif, adaptif, dan produktif) serta pengelola/ tim e-learning sekolah. Objek penelitian ini berupa kesiapan pembelajaran e-learning pada jurusan bangunan. Lokasi penelitian bertempat pada jurusan Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian evaluasi kesiapan pembelajaran e-learning pada jurusan bangunan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menunjukkan bahwa kesiapan guru dari aspek context termasuk kategori tinggi, dari aspek input termasuk kategori tinggi, dari aspek process termasuk kategori rendah, dan dari aspek product termasuk kategori rendah. Sedangkan kesiapan siswa dari aspek context termasuk kategori tinggi, dari aspek input termasuk kategori tinggi, dari aspek process termasuk kategori tinggi, dan dari aspek product termasuk kategori rendah, Adapun kesiapan sarana dan prasarana sudah lengkap dan memadai dalam menjalankan program pembelajaran e-learning.