eprintid: 67629 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/76/29 datestamp: 2020-02-21 03:26:14 lastmod: 2020-02-21 03:26:14 status_changed: 2020-02-21 03:26:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sudibyo, Danang creators_name: Rahdiyanta, Dwi title: Pengembangan E-Modul Pembuatan Roda Gigi Helix Berbasis Produk pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan. ispublished: pub subjects: G8 divisions: pps_mesin full_text_status: public keywords: e-modul, roda gigi helix, berbasis produk, bahan ajar. abstract: Tujuan dari penelitian adalah: (1) mengembangkan bahan ajar e-modul pada materi pembuatan roda gigi helix pada mata pelajaran teknik pemesinan frais, dan (2) mengevaluasi tingkat kelayakan bahan ajar e-modul pembuatan roda gigi helix pada mata pelajaran teknik pemesinan frais. Penelitian pengembangan ini mengikuti tahap-tahap pengembangan model ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Validasi media diuji dengan metode expert judgement. Media diuji oleh ahli materi dan ahli media yaitu dosen Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek uji coba terdiri dari 33 siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Klaten. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, lembar analisis kebutuhan (need assessment), lembar angket penilaian produk e-modul, dan lembar angket respon siswa dan guru. Skala Likert dengan empat variasi jawaban merupakan skala yang digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan reabilitas antar penilai. Penelitian ini menghasilkan: (1) e-modul yang dikembangkan memiliki spesifikasi: tampilan awal, tampilan pengantar, tampilan materi, tampilan tes formatif, tampilan video dan referensi. E-modul yang dikembangkan dalam bentuk softwere adobe flas Player; format aplikasi dengan kapasitas 99 Mb, dioperasikan pada smartphone dengan sistem operasi android. (2) kelayakan bahan ajar e-modul diperoleh berdasar penilaian ahli materi, ahli media dan respon pengguna. Penilaian dari ahli materi diperoleh bahwa e-modul dikategorikan :sangat baik” dengan persentase penilaian sebesar 94,16%. Dari ahli media diperoleh persentase penilaian sebesar 80% dengan kategori “baik”. Dari respon pengguna dari siswa diperoleh hasil dengan kategori “sangat baik” dengan persentase kelayakan sebesar 85,39%. Tingkat akurasi hasil penilaian dari para guru meiliki kriteria ”baik” dengan koefisien rata-rata 0,729. Penilaian secara umum untuk bahan ajar e-modul pengefraisan roda gigi helix dapat dikategorikan baik sehingga dapat dikatakan layak digunakan. date: 2019-08-29 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Teknik Mesin thesis_type: tesis referencetext: Ahmad Yani. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta. Agustianingsi, R. & Rahdiyanta, D. (2019). Implementation Of An Authentic Assessment Model To Improve The Quality Of Learning Assessment. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume. 25, No. 1, 103- 115 Alhafidz, M. & Haryono, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, volume 11, nomer 2, hlm 118-124. Anandianingsih. (2013). Aplikasi Buku Elektronik (e-BOOk) Berbasis Web. Makalah Seminar Tugas Akir. Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Semarang Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Andi, Z., Nina, k., Lisa, T. (2015). Pengembangan E-Modul Teori Atom Mekanika Kuantum Berbasis Web Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Volume. 4, No. 1, 222-235 Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Branch, Robert M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer. Baran, M. & Maskan, A. 2010. The Effect of Project-Based Learning On PreService Physics Teachers’ Electrostatic Achievements. Cypriot Journal of Educational Sciences. Volume 5 : 243-257 Berg, G. A. (2002). Why distance learning? Higher education administrative practices. Praeger Publishers, 88 Post Road West, Westport, CT 06881. Cook, et al. 2012. Preparing Biology Teachers to Teach Evolution in a Project Based Approach. Winter, Volume 21, no. 2 : 18-30 Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas. Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction. Harper Collin College Publisher :Boston.. Dwi Jatmoko. (2013). Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Kebutuhan Dunia Industri di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 3 Nomor 1. Hlm 2 Erlan, A.S., Gede, S.S., Dewa, G.H.D., (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model pembelajaran Project Base Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI Rekayasa Perangkat Luak di SMK 119 Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Volume 6, No. 1. Fadhilaturrahmi. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan Kemampuan komunikasi matematika peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 9 Nomer 2. Hal 109-118 Gasskov, V. (2000). Managing vocational training systems. A handbook for senior administrators. Geneva: International labour Office. Gunadarma, A. (2011). Pengembangan Model Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Sekripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Hal 19-20 Hohenberg, P. (2010). What is Science? New York: New York University Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. Husaini Usman. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .(2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2013, Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .(2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 130 T ahun 2017, T entang Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan. Kılınç, A. 2010. Can Project-Based Learning Close the Gap? Turkish Student Teachers and Proenvironmental Behaviours. International Journal of Environmental & Science Education. Volume 5 : 495-509 Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung. Loeloek Endah Poerwati & Sofan Amri. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustaka. Ludowikus Tipo. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Menggambar Teknik Untuk Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Volume 3. No. 3. Hal 10-16 Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya M. Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Movahedzadeh, et al. (2012). Project-Based Learning to Promote Effective Learning in Biotechnology Courses. Education Research International, : 1-8 120 Mulyasa, E. (2005). Implementasi kurikulum 2004 panduan pembelajaran KBK. Bandung : PT Remaja Rosda karya Muyaroah, S. & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Tecnology, Volume 6. Nomer 2, 79-83. Nurdyansyah., Musfiqoh. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center Sidoarjo Pavlova, M. (2009). Technology and vocational education for sustainable development. Australia: spinger. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Permadi, D. (2018). Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya, Volume. 2, No. 2, 1-12. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 (Lampiran IV) tentang Pedoman Umum Pembelajaran. Prasetyo, B. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. No. 1, 12-17 Presiden .(2017). Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2017, tentang Guru. Rahdiyanta, D., Putut, H., Asnawi. (2017). Characters-Based Collaborative Learning Model: Its Impacts On Students’ Attitude And Achievement. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 23, Nomer 3. Rahdiyanta, D. Materi Kuliah Proses Pemesinan. Diakses dari : http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/dr-dwi-rahdiyanta- mpd/pemesinan-kompleks-proses-frais-pembuatan-roda-gigi-helik.pdf. Pada tanggal 19 Desember 2017 Rahdiyanta, D. (2016). Artikel : Teknik Penyusunan Modul. Diakses dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta- mpd/20-teknik-penyusunan-modul.pdf. Pada tanggal 19 Desember 2017 Sadiman, A.S., Rahardjo. R., Haryono, A., et al. (2010). Media Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Suhadi. (2007). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Dalam Kegiatan Lesson Study. Makalah disajikan pada pelatihanLesson Studyuntuk Guru SMP Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara, 27-31 121 Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani. Theresia Widyantini. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Yogyakarta: PPPPTK Matematika. Thomas, J.W. 2000. A Review of the Research on Project-Based Learning. Diakses di http:// http://www.bobpearlman.org/ pada tanggal 29 agustus 2018 Tri Atmadji Sutikno. (2013). Manajemen Strategik Pendidikan Kejuruan dalam Menghadapi Persaingan Mutu. Jurnal Teknologi dan Kejuruan. Volume 36 Nomor 1. Hlm 87 Tseng, et al. (2013). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in a Project Based Learning (PjBL) Environment. International Journal Technology and Design Education. Volume 23:87– 102 Wakhidah, Nur. (2016).Strategi Scaffolding Inspiring-Modeling-Writing- Reporting (Imwr) Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep. PhD thesis, Universitas Negeri Surabaya. Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset Warsita, B. (2010). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran yang Evektif dan Inovatif. Jurnal Teknodik. Volume XIV, Nomer 1: 62-73. Widarto. (2008). Teknik Pemesinan Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruaan. Yaron, D. (2003). Implementation and Assessment of Project Based Learning In a Flexible Environment. International Journal of Technology and Design Education, 13: 255-272. Yuniati, L. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile LearningEfek Doppler Sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Fisika yang Menyenangkan. JP2F, volume 2, nomer 2. Yunus, D., Veli, B., & Bilal, Y. (2012). Teachers’ Views on the Practice of Project Based Learnibg Approach in Primary School Science Education. News Perspective in Science Education. Y usuf Wibisono. (2013). Pendidikan Kejuruan. Diakses dari http://garasikeabadian.blogspot.com/2013/03/pendidikan-kejuruan.html pada tanggal 20 Desember 2017 citation: Sudibyo, Danang and Rahdiyanta, Dwi (2019) Pengembangan E-Modul Pembuatan Roda Gigi Helix Berbasis Produk pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67629/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67629/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67629/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67629/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67629/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67629/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67629/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67629/8/Lampiran.pdf