TY - THES Y1 - 2019/09/05/ N2 - Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendapatkan model uji kompetensi profesional guru Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), kelayakan model uji kompetensi profesional, dan hasil penerapan uji kompetensi profesional guru TITL di SMK. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain Plomp. Data dikumpulkan dengan angket dan tes. Validasi dilakukan melalui kegiatan expert judgment. Uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan analisis Alpha Cronbach. Koefisien reliabilitas angket untuk ahli (materi dan perangkat uji) diperoleh sebesar 0.935 dan angket untuk guru diperoleh sebesar 0.885. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model uji kompetensi profesional guru TITL sesuai dengan KI/KD K-13 Revisi 2016 yang diwujudkan dalam bentuk diagram dan dilengkapi perangkat uji, kelayakan model uji kompetensi dari penilaian ahli yang meliputi aspek validitas, kepraktisan, efektivitas dan sistematika termasuk dalam kategori ?Layak?, kelayakan model uji kompetensi profesional dalam kategori ?Sangat Layak? dinilai dari aspek kepraktisan, efektivitas dan sistematika. Uji fungsionalitas model uji kompetensi profesional menunjukkan data kompetensi guru dan penilaian kompetensi melalui uji teori dan uji praktik. Hasil akhir penilaian uji kompetensi profesional guru TITL dinyatakan ?Kompeten?. A1 - Nursusanto, Usman A1 - Yuniarti, Nurhening PB - Program Pascasarjana KW - Teknik Instalasi tenaga Listrik KW - Model Uji Kompetensi AV - public TI - Pengembangan Model Uji Kompetensi Profesional Guru Teknik Instalasi Tenaga Listrik Sekolah Menengah Kejuruan. M1 - tesis ID - UNY67627 UR - http://eprints.uny.ac.id/67627/ ER -