@phdthesis{UNY67601, month = {February}, author = {Melia Tina}, title = {MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B TK BHINNEKA II TRIRENGGO BANTUL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KOKO-KOKO}, school = {PAUD}, year = {2020}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67601/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Bhinneka II, Trirenggo, Bantul melalui permainan tradisional Koko-koko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian yang diambil adalah anak-anak kelompok B TK Bhinneka II Trirenggo yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 3 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan motorik kasar anak meningkat melalui permainan tradisional Koko-koko. Terbukti dengan data yang diperoleh pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan data yang diperoleh pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 80\%, artinya telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti. Keterampilan motorik kasar anakpun semakin hari semakin meningkat karena stimulus dalam bentuk permainan tradisional Koko-koko yang diberikan selama penelitian mampu membuat perbaikan keterampilan motorik kasar anak. Kelincahan dan keseimbangan anak menjadi lebih baik . Kata kunci: motorik kasar, permainan tradisional, Koko-koko.} }