@phdthesis{UNY67524, year = {2020}, author = {Arini Dwi Latifah}, title = {IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SDN BANYURIPAN}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, month = {February}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran di SDN Banyuripan. Aspek yang diteliti meliputi: (1) tahap pembiasaan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap pembelajaran, (4) faktor pendukung, dan (5) faktor penghambat dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDN Banyuripan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas (kelas II, V, dan VI) dan peserta didik (kelas III, IV, V, dan VI). Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) tahap pembiasaan berupa kegiatan membaca, pelibatan guru dan kepala sekolah, adanya pojok baca, terciptanya lingkungan kaya literasi di kelas, dan melibatkan elemen publik. (2) tahap pengembangan yang diwujudkan dengan membaca dengan tagihan menanggapi buku pengayaan, adanya koleksi buku, diberikannya reward atas capaian literasi, dan adanya tim literasi sekolah. (3) tahap pembelajaran diwujudkan dengan penggunaan selain buku dalam pembelajaran, menerapkan strategi membaca, kegiatan literasi, pembelajaran di luar kelas, penghargaan akademik yang mempertimbangkan kecakapan literasi, dan adanya tim literasi sekolah. (4) Faktor pendukung diwujudkan dengan sarana literasi pojok baca kelas, prestasi yang diraih, adanya kerja sama dengan elemen publik, dan ide kreatif serta semangat guru dan peserta didik. (5) Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak lengkapnya sarana literasi sekolah, jumlah buku pengayaan masih sedikit, tata kelola literasi belum baik, tidak ada penugasan secara jelas pada tim literasi sekolah, dan tidak adanya rumusan kebijakan dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah. Kata kunci: Implementasi dan Gerakan Literasi Sekolah}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67524/} }