%0 Thesis %9 S1 %A Fadhila, Priska %B PGSD %D 2020 %F UNY:67519 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA PAKLIK (PAPAN KOLOM KALI DENGAN KARTU) UNTUK PERKALIAN PADA TEMA 2 DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH KADISOKA %U http://eprints.uny.ac.id/67519/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran papan kolom kali dengan kartu (PAKLIK) yang layak digunakan untuk pembelajaran perkalian matematika pada Tema 2 kelas III SD Muhammadiyah Kadisoka. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development yang melalui 7 dari 10 langkah penelitian model Gall, Gall, dan Borg. Langkah-langkah yang dilakukan yakni pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket respon. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi, media dan materi oleh ahli, media telah layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi dengan rata-rata 4,8 dan hasil validasi media dengan rata-rata skor 4,6 yang termasuk pada kategori “sangat baik”. Pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama, media juga menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,86 pada uji coba lapangan awal dan skor rata-rata 3,78 pada uji coba lapangan utama. Secara keseluruhan, media ini sudah dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas III sekolah dasar. Kata Kunci: media pembelajaran, perkalian, pembelajaran tematik, kelas III