TY - THES Y1 - 2020/02/11/ UR - http://eprints.uny.ac.id/67506/ KW - media video KW - pencapaian kompetensi KW - dan rok suai ID - UNY67506 A1 - Oktaviani, Claratessa Isma PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - public M1 - skripsi TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN ROK SUAI DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KABUPATEN BANTUL N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul dalam pembuatan rok suai sebelum menggunakan media video pembelajaran; (2) pencapaian kompetensi peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul dalam pembuatan rok suai sesudah menggunakan media video pembelajaran; dan (3) pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen dengan one group pre-test-post-test design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga seluruh peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul berjumlah 16 orang digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes penilaian aspek kofnitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan uji Paired T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pencapaian kompetensi peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul dalam pembuatan rok suai sebelum menggunakan media video ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik mayoritas dinyatakan belum kompeten masing-masing sebanyak 14 orang (87,5%); (2) pencapaian kompetensi peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul dalam pembuatan rok suai sesudah menggunakan media video ditinjau dari aspek psikomotorik seluruhnya sebanyak 16 orang (100,00%) dinyatakan kompeten dalam pembuatan rok suai; dan (3) ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (10,971>2,131), apabila dibandingkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). ER -