TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/67492/ M1 - skripsi ID - UNY67492 TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH TLOGOLELO KOKAP KULON PROGO AV - restricted A1 - Rahman, Kahfi Yanuar PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SD Muhammadiyah Tlogolelo Kokap Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Muhammadiyah Tlogolelo. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus yang mengalami peningkatan. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 42,85%, siklus I sebesar 71,42%, dan siklus II 85,71sebesar %. Peningkatan tersebut juga diikuti rata-rata siswa yaitu, pada pratindakan sebesar 68,90, siklus I sebesar 74,5, dan siklus II sebesar 80,9. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model belajar kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Muhammadiyah Tlogolelo. Kata kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe STAD Y1 - 2020/02/12/ ER -