TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/67488/ ID - UNY67488 M1 - skripsi AV - public TI - POLA KERJASAMA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PIRI 1 YOGYAKARTA DENGAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI KW - Du/Di KW - Kerjasama KW - Sekolah Menengah Kejuruan PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Pradana, Mohammad Giffari Anta N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan pola kerjasama yang diinginkan oleh SMK PIRI 1 Yogyakarta terhadap Dunia usaha atau Dunia industri (Du/Di) dan sebaliknya, menganalisis faktor pendukung dan pengambat dalam pelaksanaaan kerjasama serta memberikan rekomendasi alternatif kegiatan pembelajaran yang melibatkan Du/Di dari identifikasi dan analisis yang telah dilakukan. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, pengamatan, dokumentasi dan kuisioner. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka hubungan industri serta dan tujuh pihak Du/Di yang bekerjasama dengen SMK PIRI 1 Yogyakarta. Tenik analisis data menggunakan tiga tahapan diantaranya reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pola kerjasama yang diinginkan oleh SMK PIRI 1 Yogyakarta adalah industri harus dapat berperan lebih aktif dalam memfasilitasi siswa dan guru disekolah untuk mempelajari teknologi terkini yang terdapat di industri. SMK PIRI 1 Yogyakarta juga menginginkan pola kerjasama yang tidak terlalu memikirkan untung rugi karena harus fokus untuk memajukan pendidikan di sekolah tersebut. (2) Pola kerjasama yang diinginkan oleh Du/Di adalah dapat menguntungkan kedua belah pihak serta kerjasama yang terjalin atas dasar kepercayaan untuk kemajuan bersama. (3) Faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan kerjasama SMK PIRI 1 Yogyakarta dengan industri yaitu sekolah memiliki sumber daya yang kompeten pada bidangnnya dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu tidak sesuainya kompetensi disekolah dengan kebutuhkan industri, belum adanya standar monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan kerjasama. (4) Rekomendasi alternatif kegiatan pembelajaran yaitu dengan mengadakan kerjasama dalam progam guru tamu, pelatihan teknologi mutakhir serta pelatihan bagi guru untuk meningkatkan keahlian dalam kompetensi bidangnya masing-masing. Y1 - 2020/02/07/ ER -