@phdthesis{UNY67473, year = {2020}, month = {February}, author = {Yusuf Ardhani}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING PERIODE 2018/2019}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67473/}, keywords = {Kualitas Butir Soal, Teknologi Dasar Otomotif, SMK Muhammadiyah Gamping.}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TKRO di SMK Muhammadiyah Gamping Periode 2018/2019 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO SMK Muhammadiyah Gamping. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program ITEMAN versi 4.3 dan program Microsoft Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Kualitas soal berdasarkan validitas, soal valid berjumlah 15 soal atau 37,5\% sedangkan soal tidak valid berjumlah 25 soal atau 62,5\%; (2) Kualitas soal berdasarkan reliabilitas, dapat disimpulkan butir soal Penilian Akhir Tahun mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X TKRO SMK Muhammadiyah periode 2018/2019 memiliki koefisien reliabilitas rendah sebesar 0,657; (3) Kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, butir tergolong sukar berjumlah 12 butir atau 30\%, butir soal tergolong sedang/cukup berjumlah 24 butir atau 60\%, dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 4 butir atau 10\%; (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir soal memiliki daya pembeda jelek berjumlah 18 butir atau sebesar 45\%, butir soal yang memiliki daya pembeda cukup berjumlah 8 butir atau sebanyak 20\%, butir soal yang memiliki daya pembeda baik berjumlah 7 butir atau sebesar 17,5\% dan butir soal yang memiliki daya pembeda negatif berjumlah 7 butir soal atau sebesar 17,5\%; (5) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 19 (47,5\%) butir soal berkualitas baik, sebanyak 10 (25\%) butir soal berkualitas kurang baik dan 11(27,5\%) berkualitas jelek.} }