eprintid: 67451 rev_number: 26 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/74/51 datestamp: 2020-02-11 02:53:53 lastmod: 2020-02-11 02:55:36 status_changed: 2020-02-11 02:53:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Allam, Rizqi creators_name: Suardana, I Wayan title: Pengembangan Modul Hybrid Leraning Arsitektur Joglo dalam Pelajaran Seni Rupa di SMA. ispublished: pub subjects: art_rupa divisions: pps_seni full_text_status: public keywords: arsitektur rumah joglo, modul hybrid learning, pembelajaran seni rupa abstract: Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi nilai arsitektur rumah joglo dari aspek profil dan denah bangunan untuk menghasilkan materi modul pembelajaran, (2) menjabarkan pengembangan modul hybrid learning berupa website pembelajaran seni rupa, dan (3) mengungkapkan hasil pembelajaran seni rupa tiga dimensi maket diorama berbasis rumah Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode research and development. Tahap research yang dilakukan untuk mengkaji tentang arsitektur rumah joglo pada aspek tiga dimensi denah dan profil. Hasil penelitian rumah joglo diimplementasikan pada tahap development dalam materi modul hybrid learning berupa website. Pengembangan produk modul website hybrid learning dilakukan melalui 10 prosedur yaitu: (a) potensi masalah, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi desain, (e) revisi desain, (f) uji coba produk, (g) revisi produk, (h) uji coba pemakaian, (i) revisi produk, dan (j) produksi massal. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, observasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan data kuantitatif menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian rumah joglo ini menunjukkan bahwa fungsi rumah dalam masyarakat sebagai tempat tinggal, serta sebagai ungkapan nilai luhur masyarakat Jawa, tentang pandangan hidup yang harus selaras dengan alam yaitu makrokosmos dan kerukunan sosial atau mikrokosmos. Nilai luhur tersebut divisualisasikan dalam denah dan profil bangunan rumah joglo yang mampu memenuhi kebutuhan rumah tinggal penghuninya. Pengembangan modul hybrid learning menghasilkan modul berupa website rupaeduka.com dengan materi rumah joglo yang dapat diakses dengan sistem login oleh anak didik dan pendidik menunjukkan bahwa modul website rupaeduka.com Hasil penilaian modul hybrid learning yang dikembangkan dinilai layak, dilihat dari penilaian ahli media, ahli materi, serta hasil penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. date: 2019-09-25 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Seni thesis_type: tesis referencetext: Abdullah Idi, (2011). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Ar-Ruzz Media, Jogjakarta. Adjat Sakri (1994). Masalah Pendidikan Seni Rupa.Yogyakarta: Aquarius Offse Adrisijanti, Inajati. (2000) . Arkeologi Perkotaan Mataram Islam. Yogyakarta: Penerbit Jendela. Agus Suprijono, (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya. Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Akker, J. Van den. (1999). Principles and Method of Development Research. London: Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training .Dordrecht: Kluwer Academic Publisher. Andre Halim, Rahadian Prajudi (2017). The Meaning of Ornaments in the Hindu and Buddhist Temples on the island of Java (Acient Middle- Late Classical Eras) Jurnal RISA (Riset Arsitektur) ISSN 2548-8074, www.unpar.ac.id Volume 01, Nomor 02, edisi April 2017; hal 170- 191 Arief S. Sadiman, dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Arifin. (2011). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. Bahari, Nooryan. (2008). Kritik Seni Wacana: Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. A.J Suhardjo, (2005). Pendidikan Seni Dari Konsep Sampai Program. Malang: Balai Kajian Seni dan Disain Universitas Malan. Alexander F.K. Sibero, (2013) . Web programming power pack. MediaKom, Yogyakarta. 185 Baharuddin & Wahyuni, E. N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Bekti, Bintu Humairah. (2015). Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan Jquery. Yogyakarta: ANDI Blanka Frydrychova Klimovaa, Jaroslav Kacetla (2015). Hybrid Learning and its Current role in the teaching of foreign languages. Procedia- Social ab Behaviour Sciences: Volume 182, 13 May 2015, Pages 477-481 Borg, W.R., & Gall, M.D. (2003). Education researc: an introduction. New York: Longman Inc Budiharjo, Eko (1997), Arsitektur Pembangunan dan Konservasi. Jakarta: Djambatan, Burhan Nurgiantoro(1988). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta:BPFE Campbell, D. T., & Julian C. (2002). Experimental and quasi experimental disigns for researc. Chicago: Ran McNally Publishing Company Chaplin, J.P.. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Dakung, S. (1998) Arsitektur Tradi sional Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Daryanto. (2012), Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Departemen Pendidikan Nasional dalam bukunya (2002). Teknik Belajar Dengan Modul. Jakaerta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dewantara, Ki Hajar. (1977). Pendidikan Bagian Pertama. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. Djamarah, Syaiful Bahri, (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta hal. 269-278 Dwi Retno Sri Ambarwati (2015) Kontinuitas dan Perubahan Vastusastra pada bangunan Joglo. Yogyakarta: Jurnal Staf UNY Djono, Tri Prasetyo Utomo, Slamet Subiyantoro (2012). Nilai Kearifan Lokal Rumah Tradisional Jawa. Vol 24, No 3 186 Eko Kuntarto (2017). Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi” Journal Indonesian Language Education and Literature / ILE&E/Vol.3 No. 1 Endang (2015). Kepemimpinan di DIY dalam Perspektif Gender dari Aspek Budaya. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta Endraswara, Suwardi (2005). Tradisi Lisan Jawa : Warisan Abadi Budaya Leluhur. Yogyakarta : Narasi. Fisher, Joseph. (1994). The Folk Art of Java. New York: Oxford University Press. Fraenkel, J. P. & Wallen N. E (2008). How to Design Evaluation Reaserch in Education. Boston: McGraw-Hill Companies, Inc Fred Schultz. (2008). Annual Edition Education Thirty Fifth Edition. University of Akron. Goldstein, H. (1960). Art in Everyday Life”. New York: The Macmillan Company. Graham, R.C., Woodfield, W. & Harrison, B. (2013). Aframework for istitution adoption and impeletation of blended learning in higher education. Journal of internet and higher education 18 pp. 4-14. Hajar Pamadi, Dwi Retno S.A, Mardiyatmo (2018). Moral Message in the Ornaments of Masjid Gedhe Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal UNY Press Hamalik, Oemar (2010). Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara Hamzah B. Uno (2012). Perancangan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Handikusuma, Hilman (1999). Hukum Waris Adat. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Hergenhahn, B.R dan Olson, Matthew H.(2010). Theories of Learning. Jakarta: Kencana PRenada Media Group. Herusatoto (1987) . Simbolis dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hadinita Graha Widia Frick (1997). Pola Struktur dan Teknik Bangunan di Indonesia (Suatu Pendekatan Arsitektur Indonesia melalui Pattern Language secara Konstruktif dengan contoh Arsitektur Jawa. Yogyakarta: Penerbit Kanisius 187 Husamah (2014). Pembelajaran Bauran (blended learning). Jakarta : Prestasi Pustakara. Ika Lestari (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata. Indah Kosmiyah (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras. Ivatul Laily Kurniawati, (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Hibrid Leraning pada Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X dalam Materi Hidrokarbon. Universitas Darussalam Ambon John W. Santrock (2007) . Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga. Joko Budiwiyanto (2013) . Makna Penataan Interior Rumah Tradisional Jawa. Journal Seni Budaya No. 9, Vol. 1 Joko Budiwiyanto (2016). Rumah Tradisional Jawa dalam Sudut Pandang Religi Vol. 10, No. 1 Hal 1-20 Juan Frank Hamah Sagrim (2010). Kisah Tuhan dalam Agama Suku. Jakarta: Majav Kafit. M. (2009), Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Computer untuk Meningktkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTs NU Hasyim Asy‟ari 03 Honggosoco Jekulo Kabupaten Kudus. Kartasura: UNS PRES. Kaye Thorne (2003) Blended Leraning: How to Itegrate Online and Traditional Learning. Kogan Page Publisher, . Kenneth Cushner, dkk. (2006), Human Diversity in Education An Integrative Approach. New York: Teacher Collect Press Kent State University.. Lisa Anggraini (2012). Rumah TradisionaL Bentuk Joglo di Kotagede. Yogyakarta: UNY. Mangunwijaya, Y.B. (1992) Wastu Citra Pengantar ke Ilmu Budaya Bentuk Arsitektur Sendi-sendi Filsafatnya Beserta Contoh-contoh Praktis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Marsh, c. (2005). Teaching Studies of Society and Environtment, Australia: Edition Fourth Pearson Eduction.. Miles. M. B, Huberman. A. M, & Saldana,J.(2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI-Press 188 Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Cetakan Kedua Puluh Sembilan. Bandung: Remaja Rosdakarya Mulyasa E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA Mutadi (2007) Pendekatan Efektif dalam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Nasution. S (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Nazarudin, (2007). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras. Nurdin dan Usman, (2011). Implementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Pers. O‟ Byrne, W. I & Pyatsh, K.E (2015). Hybrid and Blended Learning. Journal of Adolescent & Adult Literacy, VOL. 2, No. 59, 137-141 Pa Papalia, dkk. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group Parker, Deborah, (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Philip Kotler, dan Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Indeks. Pitana, T.S. (2001). Javanese Cosmology and Its Influence on Javanese Architecture. Thesis Submitted for the Research Degree of Master of Tropical Architecture. Australia: James Cook University. Poerwadarminta W.J.S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka,. Prijotomo, J. 1992. Petungan: Sistem Ukuran dalam Arsitektur Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University press. Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Rahmadi, Moch. Luthfi. (2013). Tips Membuat Website tanpa Coding & Langsung Online. Yogyakarta: Andi. Robert F. McNergney, Carol A. Carrier. (1981), Teacher Development, University of Virginia, USA. 189 Ronald, A. (1988) Manusia dan Rumah Jawa. Yogyakarta: Penerbit JUTA UGM. ------------------ (2008) Nilai-nilai Arsitektur Rumah Tradisional Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Rusman, (2012) . Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung,:Alfa beta. Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sastroatmojo, S. (2006). Citra diri orang Jawa.Yogyakarta: Narasi Sawyer, John R dan de Francisco, Italo Luther . 1971. Elementary School Art for Clasroom Teacher. New York: Harper and Row. Siddiq (2002). Simbolisme dalam Budaya Jawa . Yogyakarta : Hanindita Graha Widia. Slameto (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta. Smaldino, S. E., Lowther , & Deborah L. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc. Soedarso, Sp. (1990) Tinjauan seni, sebuah pengantar untuk apresiasi seni” Yogyakarta: Saku Dayar Sana Soemardjan, Selo. (1962). Social Changes in Yogyakarta. Ithaca: Cornel University Press. Stjepanovic, Zoran; Jevsnik, Simona; dan Rudolf Andreja (2016) . The International SCIENTIFIC Conference elearning and Software for Education; Vol. 3, 564-571: Bucharest: “Carol I” National Defence University Subiyantoro, Rumah Tradisional Joglod dalam Estetika Tradisi Jawa. Jurnal bahasa dan seni, Vol 39, No.1 (2011) Suciati, dkk. (2007). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. Sudjana Nana, (2000) Dasar-dasar Proses Belaja rMengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo. Module On Vvirtual Protoyping of Garments Withing The E-Learning Course For Innovative Textile Fileds 190 E-Learning Sugihartono (2007) Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono, (2010) Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta. Sukiman, (2011). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani. Sulistyo, Basuki (2010). Metode Penelitian. Jakarta : Penaku Sumalyo Yulianto, (1997). Arsitektur Modern Akhir Abad XIX Dan XX Universitas Gajah Mada Sumiati & Asra (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima. Sunarmi (2007). Arsitektur dan Interior Nusantara Versi Jawa. Surakarta: ISI & UNS PRESS Suptandar, Pamudji. (1995). Manusia dan Ruang dalam Proyeksi Desain Interior. Jakarta: UPT Penerbitan Universitas Tarumanegara. Suryadi. (2009). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Sarana Panca Karya. Suryosubroto. (1990). Tatalaksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta. Susilana, Rudi. Riyana, Cepi. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima. Trianto (2009) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana Vembriarto, ST. (1975). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita. Wibowo, Indiawan Seto Wahyu (2013). Semiotika Komunikasi. Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media Wina Senjaya. (2008). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Yeni Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa, (2011). Pemograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu. Zulkifli, (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Zuyinatul Latifah, (2018). Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia (VICH- Lab) Terintegrasi dalam Pembelajaran Hibrid pada Materi Minyak Bumi. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Wawancara Retno Dwi. Sri Ambarwati, M, Sn. wawancara pada November 2018 di Fakultas Bahasa Dan Seni Uiversitas Negeri Yogyakarta. Nono, penjaga museum Omah UGM, wawancara pada November 2018 di Omah UGM Kotagede Yogyakarta. Sentot, pemilik rumah joglo Dalem Sopingen, wawancara pada November 2018 di Dalem Sopingen Yogyakarta. Rini, pemilik rumah joglo di daerah Kotagede Yogyakarta, wawancara pada November 2018 di Kotagede Yogyakarta. citation: Allam, Rizqi and Suardana, I Wayan (2019) Pengembangan Modul Hybrid Leraning Arsitektur Joglo dalam Pelajaran Seni Rupa di SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67451/25/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67451/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67451/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67451/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67451/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67451/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67451/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67451/8/Lampiran.pdf