TY - THES AV - public A1 - Allam, Rizqi A1 - Suardana, I Wayan PB - Program Pascasarjana TI - Pengembangan Modul Hybrid Leraning Arsitektur Joglo dalam Pelajaran Seni Rupa di SMA. KW - arsitektur rumah joglo KW - modul hybrid learning KW - pembelajaran seni rupa ID - UNY67451 Y1 - 2019/09/25/ UR - http://eprints.uny.ac.id/67451/ M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi nilai arsitektur rumah joglo dari aspek profil dan denah bangunan untuk menghasilkan materi modul pembelajaran, (2) menjabarkan pengembangan modul hybrid learning berupa website pembelajaran seni rupa, dan (3) mengungkapkan hasil pembelajaran seni rupa tiga dimensi maket diorama berbasis rumah Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode research and development. Tahap research yang dilakukan untuk mengkaji tentang arsitektur rumah joglo pada aspek tiga dimensi denah dan profil. Hasil penelitian rumah joglo diimplementasikan pada tahap development dalam materi modul hybrid learning berupa website. Pengembangan produk modul website hybrid learning dilakukan melalui 10 prosedur yaitu: (a) potensi masalah, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi desain, (e) revisi desain, (f) uji coba produk, (g) revisi produk, (h) uji coba pemakaian, (i) revisi produk, dan (j) produksi massal. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, observasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan data kuantitatif menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian rumah joglo ini menunjukkan bahwa fungsi rumah dalam masyarakat sebagai tempat tinggal, serta sebagai ungkapan nilai luhur masyarakat Jawa, tentang pandangan hidup yang harus selaras dengan alam yaitu makrokosmos dan kerukunan sosial atau mikrokosmos. Nilai luhur tersebut divisualisasikan dalam denah dan profil bangunan rumah joglo yang mampu memenuhi kebutuhan rumah tinggal penghuninya. Pengembangan modul hybrid learning menghasilkan modul berupa website rupaeduka.com dengan materi rumah joglo yang dapat diakses dengan sistem login oleh anak didik dan pendidik menunjukkan bahwa modul website rupaeduka.com Hasil penilaian modul hybrid learning yang dikembangkan dinilai layak, dilihat dari penilaian ahli media, ahli materi, serta hasil penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. ER -