%D 2019 %I Program Pascasarjana %T Dinamika Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Kanisius Kadirojo dan SD Negeri Purwobinangun Kalasan di Kabupaten Sleman. %X Penelitian ini bertujuan menggambarkan peran kepemimpinan kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai pendidik, pengelola, administrator, supervisor, pemimpin, inovator, dan motivator di SD Kanisius Kadirojo dan SD Negeri Purwobinangun di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang didukung dengan pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan di SD Kanisius Kadirojo dan SD Negeri Purwobinangun Kalasan, Kabupaten Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Kepala Sekolah SD Kanisius Kadirojo dan Kepala Sekolah SD Negeri Purwobinangun mampu melakukan peran kepemimpinan sebagai pendidik, pengelola, administrator, supervisor, pemimpin, inovator, dan motivator di sekolah masing-masing. Kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda dalam menjalankan perannya, tetapi memiliki tujuan yang sama, yakni untuk kemajuan dan pengembangan sekolah, sehingga kualitas sekolah terus terjaga. Dalam memberikan motivasi kepada staf/guru, Kepala Sekolah SD Kanisius Kadirojo memiliki model kepemimpinan transformasional, sedangkan Kepala Sekolah SD Negeri Purwobinangun memiliki gaya kepemimpinan yang dibagikan (distributed leadership) sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepemimpinan kepala sekolah adalah dukungan, kejujuran, dan kerjasama. %A Anastasia Emy Wishudowati %A Sugito Sugito %K peran kepemimpinan, kepala sekolah %L UNY67423