%A Chitta Danar Pratiwi %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi melalui permainan kata berantai pada siswa kelas XI di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Bahasa sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kemampuan komunikasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik permainan kata berantai dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata skor skala kemampuan komunikasi pada saat pra tindakan sebesar 111,8, pada siklus I meningkat menjadi 123,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 123,8. Hal tersebut juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. %K komunikasi, permainan kata berantai %L UNY67416 %T PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MELALUI PERMAINAN KATA BERANTAI PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 YOGYAKARTA %D 2020 %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta