eprintid: 67412 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/74/12 datestamp: 2020-02-05 04:39:51 lastmod: 2020-02-05 04:39:51 status_changed: 2020-02-05 04:39:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Desi creators_name: Sofyan, Herminarto title: Pengembangan Bahan Ajar berbasis E-book Pengantin Batak Karo untuk Mahasiswa Tata Rias. ispublished: pub subjects: teknik_boga_busana divisions: pps_pkk full_text_status: public keywords: bahan ajar, e-book, media, pengantin Batak Karo, tata rias. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar berbasis e-book pada pengantin batak karo yang layak pada mata kuliah sejarah tata rias semester III di Universitas Negeri Medan; dan (2) mengungkapkan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar dengan pemahaman konsep pada pengantin batak karo mahasiswa semester III di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan research and development yang mengacu pada model 4D. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa semester III Tata Kecantikan Kulit, Universitas Negeri Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Kelayakan bahan ajar menggunakan konversi skor ke dalam 4 kategori kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa media bahan ajar berbasis e-book pengantin Batak Karo yang dapat di akses dan dilihat dari web http://online.fliphtml5.com/hairk/rrit/. Bahan ajar tersebut dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon dosen dan angket respon mahasiswa dengan kategori sangat layak. Bahan ajar terssebut juga dinyatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa semester III Tata Kecantikan Kulit, Universitas Negeri Medan, yang dapat dilihat dari peningkatan hasil tes dari nilai rata-rata dengan 39,06% menjadi 78,75% atau peningkatan sebesar 39,69%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Universitas Negeri Medan. date: 2019-06-26 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga thesis_type: tesis referencetext: Alvarado, Manuel, Robin Gutch & Tana Wollen. (1987). Learning the Media. London: Macmillan. A.M. Sardiman, (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers. Anna loegel, dkk. (2007). Makeup, an essential tool to manage social expectations surrounding femininity.Journal Arsito, Rahardi. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Billet, Stephen. (2011). Vocational Education. Austalia: Springer. Chris amstrong (2008). Books in a virtual world: The evolution of the e-book and its lexicon. Journal of Librarianship and Information Science vol. 40, no. 3, pp. 193–206. doi:10.1177/096100060 8092554. Crawford (1998). Paper persists: why physical library collections still matter, online magazine (January/February). Denny, Warren. (2008). Learning in a Multimedia Sandbox. Converge: ITD igest for Higher Education. Dick W, and Carey L. (2001). The Sistematic Design of Instructions. New York: Addison- Wesley Educational Punlisher Inc Dwiningrum, S. I. A. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta : Depdiknas Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan. Jakarta : Dikmenum. Depdiknas Feinberg, Jessica. (2012). Northwestern Journal of Law & Social Policy. Vol S Gerlach Dan Ely. (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, By V.S. Gerlach& D.P. Ely, 1980, Boston, MA :Allyn And Bacon. Copyright 1980 By Pearson Education Gurcan cetin, dkk (2016). The Development Of An Ebook With Dynamic Content For The Introduction Of Algorithms And Programming. Journal of Science and Technology, Vol 2, No 2, 2016, Pages 199-203 Science & Motricité 2017, 96, 19-25. https://doi.org/10.1051/sm/2017007. Exposing the Traditional Marriage Agenda. 168 Movement & Sport Sciences - 7N W.J. L. & OC. POL'Y. 301. Doi https://scholarlycommons.law.northwestern.edu/njlsp/vol7/iss2/3 Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Vs Traditional Methods: A Six- Thousandstudent Survey Of Mechanicstest Data For Introductary Physics Course. The American Journal Of Physics Research, 66, 64-74. Heinich, R. dkk. (2001). Instructional Media And Technology For Learning. 7th Edition. New jersey: Merill Prentice Hall. Heinich, R, Molenda, M., Russell, J. D., &Smaldino, S.E. (2009). Instructional Media And Technology For Learning. 7th Edition. New jersey: Prentice Hall, Inc. Ika Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: AkademiaPermata. Kusantati, Herni, Pipin Tresna Prihatini & Wiwin Wiana. (2008). Tata Kecantikan Kulit untuk SMK Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Lee, William W., Dan Diana L.Owens. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. Pfeiffer: San Fransisco. Lynch. (1999). Canonicalization: a fundamental tool to facilitate preservation and management of digital information, d-Lib magazine, vol. 5, no. 9. Marshall, Catherine C. (2010). Reading and Writing the Electronic Book. University of North Carolina, Chapel Hil. Mortaki, Sapfo. (2012). The Contribution of Vocational Education and Training in the Preservation and Diffusion of Cultural Heritage in Greece: The Case of the Specialty “Guardian of Museums and Archaeological Sites”. Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 24 Mulyasa, E. (2006). Implementasi Kurikulum 2004. Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosdakarya. McKnight, Cliff and Dearnley, James. (2003). Electronic book use in a public library. Journal of Librarianship and Information Science 35 (4) Oghojafor, Kingsley. (2005). E-book Publishing Success. Great Britain: Chandos Publishing. Ohene-Djan, J. and Fernandes, A. (2003). Personalising Electronic Books. The Journal of Digital Information vol 3, no. 4. Available at http://jodi.ecs.soton.ac.uk/Articles/v03/i04/Ohene-Djan/ (17/11/2006) Opoku, Asare, N.A.A. (2004). Non-book Instructional Materials Usage In Ghanaian Primary Schools. Journal of science and technology, vol 24 no. 2. College of Art – Knust. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yokyakarta: DIVA Press. 169 Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Cetakan Keempat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Prinst, Darwan (2011). Adat Karo. Medan : Bina Media Perintis. Sadiman S. Arief, Dkk. (2008). Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pt. Raja GrafindoPersada Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Sari, I. P., & Syamsi, K. (2015). Pengembangan Buku Pelajaran Tematik- Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di Sekolah Dasar.Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 73-83. Smaldino, E Sharon, Dkk. (2005). TeknologiPembelajaran Dan Media Untuk Belajar. DiterjemahkanOlehArifRahman Dari Istrukturional Technology. Sudjana, N Dan Rivai, A. (2007). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. S. Jamuna. (2017). Utilization Of Instructional Media In Teaching Science. Journal RVS College of Education Vol.5. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.545972 Sukmadinata, Syadiq. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sukmadinata, Syadiq. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syarifuddin, S. (2018). The Effect of Using The Scientific Approach through Concept Understanding and Critical Thinking in Science.Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 21-31. doi: http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v6i1.15312 Tarigan, Sarjani. (2008). Dinamika Orang Karo, Budaya dan Modernisme. Medan : si B N B – BABKI. Thiagarajan, Sivasailam, Semmel, Dorothy S. & Semmel, Melvyn I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University. Thompson, John B. (2005) Books in the Digital Age: The transformation of academic and higher education publishing in Britain and the United States. Cambridge: Polity. pp. 468 Wagiran. (2014). Implementasi kurikulum 2013. Temanggung: CV. Bahtera Wijaya Perkasa. W. S. Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo. citation: Handayani, Desi and Sofyan, Herminarto (2019) Pengembangan Bahan Ajar berbasis E-book Pengantin Batak Karo untuk Mahasiswa Tata Rias. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67412/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67412/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67412/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67412/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67412/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67412/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67412/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67412/8/Lampiran.pdf