eprintid: 67385 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/73/85 datestamp: 2020-02-04 02:16:27 lastmod: 2020-02-04 02:16:27 status_changed: 2020-02-04 02:16:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Annisa, Rizky creators_name: Aman, Aman title: Pengembangan Media Pembelajaran Video dan Audio Menggunakan Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. ispublished: pub subjects: C8 divisions: pps_sejarah full_text_status: public keywords: media pembelajaran video dan audio, edmodo, minat belajar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran video dan audio menggunakan edmodo; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video dan audio menggunakan edmodo dalam pembelajaran sejarah; dan (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan minat belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran video dan audio dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran video dan audio. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reserch and Development (R&D). Model dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Dalam model ADDIE terdapat 5 tahapan diantaranya yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Yogyakarta. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru. Subjek uji coba terbatas adalah sepuluh peserta didik dan subjek uji coba lapangan dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi instrumen, lembar validasi media untuk ahli media, lembar validasi materi untuk ahli materi, dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) produk yang berupa media pembelajaran video dan audio, (2) pengembangan media pembelajaran video dan audio menggunakan edmodo dinyatakan layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli materi, dan ahli media. Skor yang didapatkan dari hasil validasi materi pada video dan audio yaitu 4,25 dan 4,27 dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi media video mendapat skor 4,0 dengan kategori baik dan audio mendapat skor 4,36 dengan kategori sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji t menggunakan Independent sample t-test diperoleh nilai t hitung sebesar 2,103 dengan signifikansi 0,040 (p < 0,05). Data tersebut menunjukkan adanya perbedaan minat belajar peserta didik antara yang menggunakan media dengan yang tidak menggunakan media. date: 2019-01-15 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Sejarah thesis_type: tesis referencetext: Af’idah, S. N. (2013). Pengembangan Media Audio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyimak Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Sdn Pagesangan Surabaya. Jurnal Pendidikan, Vol. 1 No.1. Retrieved from. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id Agung dan Wahyuni. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak. Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak Amelia, C. A. (2014). Peranan Pembelajaran Sejarah Dalam Penanaman Sikap Nasionalisme Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Pecangaan. Indonesian Journal of History education, Vol. 3 (2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/.../5063 Ainiyah, Z. (2015). Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E- Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal UNESA. Retrieved from ejournal.unesa.ac.id Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta __________. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada ___________. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada Audigier, F., Fink, N., Haeberli, P., Lee, P., Barton, K., McCully, A., W., Gonzalez, A., D., G., Sieborger, R., Weldon, G., Akinoglu, O. (2005). Teaching and Research. International Journal of Historical Learning. Vol. 5 No. 1. Retrieved fro m http://centres.exeter.ac.uk/historyresource/journal9/papers/ijhltr.pdf Ayuningtyas, P. (2005). Studi Korelasi Antara Minat Belajar Dan Persepsi Terhadap MetodeMengajar Dengan Keterlibatan Belajar Mahasiswa Pada Posisi Duduk Di Belakang. Ubaya : Tidak diterbitkan Bates, A. W. T. (2005). Effective Teaching With Technology in Higher Education. America: Jossey-Bass. Batsila, M., Tsihouridis, C., & Vavougios, D. (2014). Entering the web-2 Edmodo World to Support Learning: Tracing Teachers’ Opinion After Using it in 199 their Classes. Journal of Emerging Technologies in Learning. Vol 9 Issue 1, Retrieved from http://online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/3018 Brets, R. (2008). Media Pembelajaran dan Aplikasinya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Croteau, D., & Hoynes, W. (2014). Media Society. California: SAGE Publication Inc. Cruse, I. (2011). To call attention to the teaching of history in schools. London. House of Lords Library Danim, S. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Daryanto.( 2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media Desrianti, D. I., Sunarya, L., & Parmania, D. F. (2011). Audio Visual as the One of the Teaching Resources on Learning. Jurnal Vol. 5 No. 2. Retrieved from http://raharja.ac.id. Djemari, M. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset. Dyer, S. R., Knight, J., & Dunne, E. (2011). A Case Study on Audio Feedback with Geography Undergraduates. Journal of Geography in Higher Education Vol. 35 No. 2. Retrieved from http://tn5bn6xp5c.search.serialssolutions.com Ferguson, L. A. (2012). Implementing a Video Education Program to Improve Health Literacy. Journal of Nurse Practitioners. Vol. 08.Issue 08. Retrieved from https://e-resources.perpusnas.go.id Hamid, A. R., & Madjid, M. S. (2014). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak Hartati, U. (2016). Museum Lampung Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal HISTORIA Vol. 4 No. 1. Retrieved from fkip.ummetro.ac.id/journal/i Harackiewicz, J. M., dan Chris, S. H. (2009). The Importance of Interest: The Role of Achievement Goals and Task Values in Promoting the Development Handziko, R. C. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Video Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pengusaan Konsep Suksesi Ekosistem Mahasiswa Strata 1 Pendidikan Biologi. S2 thesis, UNY. 200 of Interest. Journal Compilatio.4/1. https://psych.wisc.edu/cmsdocuments/CompassHH.pdf Hendrayudi, R. (2010). Membuat Media Belajar Komputer. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Heiner, W. C., & Hendrix, R. W. (1980). People Create Technology. America: Davis Pubications, Inc. Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Perss. Innayah. (2013). Pemanfaatan Media Audio Pendidikan Anak Usia Dini (Mapaud) Nyanyian Dalam Pembelajaran. Jurnal KWANGSAN Vol. I No. 1. Retrieved from jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/.../pdf Jamalus, dan Mahmud, A. T.. (1998). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud Janbuala, S., Dhira, P., Issaramanorose, N., & Iembua, M. (2013). A Study of Using Instructional Media to Enhance Scientific Process Skill for Young Children in Child Development Centers in Northeastern Area. Journal International Forum of Teaching and Studies. Vol. 9 No. 2. Retrieved from http://scholarspress.us/journals/IFST/pdf/IFOTS2013/IFOTS_v9_n2_art5.p df Johari, A. H. S., & Rakhman, M. (2014). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1 No.1. ejournal.upi.edu Joni P. Y. S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/viewFile/3659/2560 Krawczyk, A., Lau, E., Perez, S., Delisle, V., Amsel, R., & Rosberger, Z. (2012). How to Inform: Comparing Written and Video Education Interventions to Increase Human Papillomavirus Knowledge and Vaccination Intentions in Young Adults. Journal of American College Health. Vol 60, No. 4. Retrieved from http://tn5bn6xp5c.search.serialssolutions.com Kuntoijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tira Wacana 201 Laksmi, M. D. (2015). Memanfaatkan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional. Retrieved from http://e- prints.uny.ac.id Latif, J. A. (2006). Manusia Filsafat dan Sejarah. Jakarta: Bumi Aksara. Light, G., Cox, R., & Calkins, S. (2009). Learning and Teaching in Higher Education. London: SAGE Publications Ltd. Liu, P. (2016). Technology Integration in Elementary Classrooms: Teaching Practices of Student Teachers. Australian Journal of Teacher Education. Vol. 1 Issue 3. Retrieved from http://ro.ecu.edu.au Loekmono, J.T. L. (1994). Belajar Bagaimana Belajar. Salatiga: BPT Gunung Mulia. Maellaro, R. (2013). The Learning Journal Bridge: From Classroom Concepts to Leadership Practices. Journal of Leadership Education, Volume 12, Issue 1. Retrieved from http://ro.ecu.edu.au Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1. Retrieved from ejournal.uin-suska.ac.id Mohan, T. (2001). Communicating Theory & Practice. Australia: Thomson Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Jurnal Vol VIII No. 2. Retrieved from https://www.researchgate.net Mujiyati, N., & Sumiyatun. (2016). Kontruksi Pembelajaran Sejarah Melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal HISTORIA Volume 4, Nomor 2. Retrieved from fkip.ummetro.ac.id/journal/i Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Gema Persada Nugroho, P. (2015). Pandangan Kognitifisme dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. Jurnal Thufula. Vol.3 No. 2. Journal.stainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/1251/pd Paliktzoglou, V., & Suhonen, J. (2014). Microblogging in Higher Education: The Edmodo Case Study among Computer Science Learners in Finland. Journal of Cases on Information Technology. Volume 16 Issue 2. Retrieved from http://e-resources.perpusnas.go.id 202 Pratitasari, R.. D. (2017). Pengembangan Video Digital Pengalengan Buah dan Sayur Untuk Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. S2 thesis, UNY . Pribadi, B., A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat Primasari, R., Zulfiani, & Herlanti, Y. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Jurnal EDUSAINS Vol. VI No 1 Retrieved from journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/download/.../978 Rasyid, H. (2010). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima. Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 5 No. 1. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/.../8292/5508 Rohani, A. (1997). Media intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta. Rohmatillah, A., & Achadiah, B. N. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Boyolangu. Journal of Accounting and Business Educaton. Retrieved fro m http://journal.um.ac.id Rosdiani, D. (2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: CV Alfabeta, Sadiman, A. S. (2010). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers Safari. (2003). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Santoso, S. (2001). SPSS Versi Mengolah Data Statistik Secara Profesional. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Simpson, J., Douglas dkk. (2005). Jhon Dewey and The Art of Teaching. California: Thousand Oaks. 203 Sugiarto, I. (2011). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berpikir Holistik & Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sudjana, N. (2011). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo. Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press Susanto., H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Tibaut, P. (2015). Social network sites with learning purposes: Exploring new spaces for literacy and learning in the primary classroom. Australian Journal of Language and Literacy, Vol. 38, No. 2. Retrieved from https://ses.library.usyd.edu.au/bitstream/2123/13951/1/Thibaut_P Umar. (2013). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah Volume 10 Nomor 2. Retrieved from http://download.portalgaruda.org Uno. H. B. (2014). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Usman., M., U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena Widiadi, N. A. (2013). Pembelajaran berbasis ADITS sebagai alternatif solusi PESEK (Pembelajaran sejarah Emotif dan Kontroversial). Perpustakaan Nasional katalog dalam Terbitan (KDT). Widyaningtyas. (2006). Membangkitkan Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Yuliantari, R. F. (2014). Evaluasi Hasil Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pada Mata Pelajaran Ips Kompetensi Dasar Sejarah. Widiyasanti, M. (2016) Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Gugus 02 Kecamatan Srandakan. S2 thesis, UNY AVATARA E-Journal Pendidikan Sejarah. Vol. 2 No.1. Retrieved from. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/9386/38/article.pdf. Yuu-Je Lie,. Chia-Hui Chao., & Ching-Yaw Chen. (2011). The influences of interest in learning and learning hours on learning outcomes of vocational college students in Taiwan: using a teacher’s instructional attitude as the moderator. Global Journal of Engineering Education. Volume 13, Number 3. http://www.wiete.com.au/journals/GJEE/Publish/vol13no3/01-Lee-Y- J.pdf citation: Annisa, Rizky and Aman, Aman (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Video dan Audio Menggunakan Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67385/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67385/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67385/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67385/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67385/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67385/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67385/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67385/8/Lampiran.pdf