TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/67369/ M1 - tesis ID - UNY67369 TI - Efektivitas Penggunaan Google Classroom Berbasis Easy Adjustment dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta. AV - public KW - google classroom KW - easy adjustment KW - motivasi belajar KW - hasil belajar. A1 - Habie, Rahmawati Sarizki A1 - Mulyani, Endang PB - Program Pascasarjana Y1 - 2019/08/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efektivitas penggunaan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan motivasi belajar siswa akuntansi. (2) perbedaan efektivitas penggunaan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan kuasi eksperimen (quasi experiment), pada siswa kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa, terdiri atas 30 siswa kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, angket, dan lembar pengamatan (observasi). Analisis data menggunakan uji Mann-whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan efektivitas penggunaan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan motivasi belajar siswa akuntansi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji beda Z = -3.815 pada tingkat signifikansi 0,000<0,05 serta hasil akhir motivasi belajar mendapat persentase 75% pada kelas eksperimen artinya efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62% artinya cukup efektif. (2) ada perbedaan efektivitas penggunaan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji beda Z = -2.934 pada tingkat signifikansi 0,003<0,05 serta hasil belajar menunjukkan skor persentase 70% pada kelas eksperimen artinya efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 61% artinya cukup efektif. Lebih efektif pembelajaran yang menggunakan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. ER -