%0 Thesis %9 S2 %A Baehaqi, M. Lutfi %A Murdiono, Mukhamad %B Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan %D 2019 %F UNY:67347 %I Program Pascasarjana %K boarding school, disiplin, karakter %T Penguatan Karakter Disiplin di Sekolah Menengah Atas Berbasis Boarding School. %U http://eprints.uny.ac.id/67347/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter disiplin, hambatan yang dihadapi dalam penguatan karakter disiplin, dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan penguatan karakter disiplin di sekolah menengah atas berbasis boarding school, yang dilakukan di Muhammadiyah Boarding School Muhammadiyah 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini direktur, kepala sekolah, guru, dan santri yang ditentukan dengan teknik purposive. Analisis data dalam peneltian ini menggunakan analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Penguatan karakter disiplin di MBS Muhiba Yogyakarta dilakukan melalui strategi dan kebijakan di luar kelas dan di dalam kelas atau pembelajaran. Strategi dan kebijakan sekolah di luar kelas berupa aturan atau tata tertib asrama dan sekolah, kegiatan rutin, upacara bendera, program intrakurikuler dan ekstrakurikuler, diskusi terbuka, pelaksanaan sosialisasi, serta keteladanan. Strategi dan kebijakan di dalam kelas atau pembelajaran, dilakukan oleh guru dan yang meliputi penggunaan model pembelajaran, pendekatan, sanksi, dan keteladanan. (2) Hambatan penguatan karakter disiplin di MBS Muhiba Yogyakarta mencakup beberapa factor, yaitu faktor santri atau peserta didik, guru, orang tua, dan latar belakang atau lingkungan. (3) Upaya dalam mengatasi hambatan dilakukan melalui teguran, nasehat, bimbingan, akumulasi atau pemberian skor dan sanksi terhadap pelanggaran, pengawasan dan perlakuan terhadap santri atau peserta didik, serta pelaksanaan darul aqum atau penguatan nilai-nilai keislaman bagi guru.