eprintid: 67334 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/73/34 datestamp: 2020-01-30 06:39:12 lastmod: 2023-10-09 02:19:18 status_changed: 2020-01-30 06:39:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zahro, Raisuz creators_name: Suparwoto, Suparwoto title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Memperbaiki Model Mental Peserta Didik SMA. ispublished: pub subjects: F2 divisions: pps_fisika full_text_status: restricted keywords: Perangkat pembelajaran, PBL, web, keterampilan proses sains, model mental abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan web yang layak digunakan untuk pembelajaran di SMA kelas XI; (2) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran tersebut dalam peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik SMA; (3) menggambarkan profil kemampuan peserta didik dari hasil pengembangan perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D Thiagarajan et al., (1974) yang terdiri dari define, design, developh, dan disseminate. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 20 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Wonosobo. Subjek uji lapangan operasional terdiri atas 95 peserta didik dari tiga kelas XI MIPA di SMAN 1 Wonosobo. Instrumen perangkat pembelajaran pembelajaran yang digunakan adalah silabus, RPP, LKPD, materi pembelajaran, dan media pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, soal tes model mental, lembar observasi KPS dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan analisis gain, uji statistik multivariat, dan analisis effect size. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan penilaian para ahli secara keseluran dengan kategori ”sangat baik”; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan KPS dan memperbaiki model mental peserta didik berdasarkan analisis gain, secara berturut- turut peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik sebesar 0,78 dan 0,67. Hasil analisis uji multivariat Wilks’ Lambda menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik. nilai effect size besar perbedaan peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik secara berturut-turut sebesar 1,85 (kategori besar) dan 1,61 (kategori besar); (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menghasilkan gambaran profil kemampuan peserta didik dengan rata-rata tertinggi diperoleh pada kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PBL berbantuan web. date: 2019-09-25 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Fisika thesis_type: tesis referencetext: Afif, A.M.S., Suyitno, H., & Wardono. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). Proceeding of PRISMA, Seminar Nasional Matematika Universitas Negeri Semarang, 10, 328-336. Aiken, L. (1985). Three Coefficients for Analyzing The Realibility and Validity of Ratings. Educational and Phsychological Measurement, 45. https://doi.org/10.1177/0013164485451012 Akinbobola, A. O. & Afolabi, F. (2010). Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research, 5(4). Albaiti, Liliasari, & Sumarna, O. (2016). The Study of Mental Model on N- Hexane-Methanol Binary System (The Validation of Physical Chemistry Practicum Procedure). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5783 Ambarita, P.T.M., Sahyar & Sani, R.A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 5(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/4408/3856 Amin, B.D., Mahmud, A., & Muris. (2016). The Development of Physics Learning Instrument Based on Hypermedia and Its Influence on the Student Problem Solving Skill. Journal of Education and Practice, 7(6). https://eric.ed.gov/?id=EJ1092483 Annovasho, J. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Peminatan MIPA pada Pelajaran Fisika Materi Fluida Statik di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ Antika, R.R. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). Jurnal Unair Bio-Kultur, 3(1). http://journal.unair.ac.id/filerPDF/bk21a95d451ffull.pdf Arend, R.I. & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York: Routledge. Arends, R.I. (2008). Learning to teach (Terjemahan Helly Prajitno Soecipto & Sri Mulyantini Soecipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. https://www.researchgate.net/profile/Folashade_Afolabi3/publication/4427 9765 164 Argaw, A.S., Haile, B.B., Ayalew, B.T., & Kuma, S.G. (2016). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation and Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics and Technology Education, 13(3). https://doi.org/ 10.12973/eurasia.2017.00647a Arianti, N., Yuliati, N. & Sunaryo. (2018). Perubahan Model Mental Siswa pada Alat Optik Melalui Experimental Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5). http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11085 Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo. Asih, A.R. (2015). Keefektivan Metode Seven Jump Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Kebumen. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang. Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2016). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Proceedings of Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 338-345. Asyshari, A. & Diani, R. (2017). Pengembangan Fisika Berbasis Web Enhanced Course: Mengembangkan Web-Log Pembelajaran Fisika Dasar 1. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1). http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v4i1.13435 Aziz, A., Rokhmat, J., Kosim. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3). http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i3.259 Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2). http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v2i2.294 Banindro, B.S. & Rochman, M.F. (2017). Perancangan Web Media Interaktif Pembelajaran Sejarah “Oeang Republik Indonesia” ORI 1945-1949 bagi Generasi Muda. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi, 19(2). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/3639/1/ Borich. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Mcmillan Publishing. Budiarti, I.S., Suparmi, Sarwanto, & Harjana. (2017). Students’ conceptual understanding consistency of heat and temperature. Journal of Physics 165 Conference Series, 795(1). http://iopscience.iop.org/1742- 6596/795/1/012051 Buxton, C. A., & Provenzo, E. F., Jr. (2011). Teaching Science in Elementary & Middle School a Cognitive and Cultural Approach (2nd ed) . Los Angeles: SAGE. Buxton, C.A. & Provenzo, E.F.,Jr. (2011). Teaching Science in Elementary & Middle School a Cognitive and Cultural Approach (2nd ed). Los Angeles: SAGE Campbell, T., Oh, P. S., Maughn, M., Kiriazis, N., & Zuwallack, R. (2015). A review of modeling pedagogies: pedagogical functions, discursive acts, and technology in modeling instruction. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(1). http://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1314a Carriger, M. S. (2015). Problem_Based Learning and Management Development Empirical and Theoretical Considerations. The International Journal of Management Education, 13(3). http://dx.doi.org/10.1016/j.ijme.2015.07.003 Chen, C. M., & Huang, S. H. (2014). Web‐Based Reading Annotation System With An Attention‐Based Self‐Regulated Learning Mechanism for Promoting Reading Performance. British Journal of Educational Technology, 45(5). https://doi.org/10.1111/bjet.12119 Chittleborough, G. D. (2004). The Role Of Teaching Models And Chemical Representation In Developing Mental Models Of Chemical Phenomena. Thesis. Science and Mathematics Education Centre Cobb, P., Confrey, J., Andrea S., et.al. (2013). Design Experiments in Educational Research. America Educational Research Association, 32, 9-13. https://doi.org/10.3102/0013189X032001009 Collette, A.T. & Chiapetta, E.L. (1994). Science Instruction in the Middle and Secondary School (3rd ed). New York: Macmiilan Publishing Company. Dahar, R. W.. (1985). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga Darabi, A., Hemphill, J., Nelson, D. W., Boulware, W., & Liang, X. (2010). Mental Model Progression in Learning The Electron Transport Chain: Effects of Instructional Strategies and Cognitive Flexibility.Advances in Health Sciences Education, 15(4). https://doi.org/10.1007/s10459-009-9212-0 Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media. Davidson, N., & Major, C. H. (2014). Boundary Crossings: Cooperative Learning, Collaborative Learning, and Problem-Based Learning. Journal on excellence Cohen, J. (1977). Statistical Power Analysis for The Behavioral Sciences. New York: Academic Press. 166 in college teaching, 25 (3 &4). Retrieved from : http://www.lhthompson.com/uploads/4/2/1/1/42117203/ Delisle, R. (1997). How to Use Problem-Based Learning in the Classroom. Alexandria: ASCD. Diali, M.. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Smp Kelas VIII Berorientasi Hots. Tesis tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Dillah, R. & Suyono. (2016). The Patterns of Student’s Conception Based on Comprehension Text Mental Model with Reciprocal Teaching Reading Strategies on The Concept of Chemical Bonding. Unesa Journal of Chemical Education, 5 (8). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/ Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta Dinata, P.A.C. (2018). Pengembangan Subject Specific Pedagogy Fisika pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning Untuk Memperbaiki Model Mental dan Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMA. Universitas Negeri Yogyakarta. Tesis, Tidak dipublikasikan. Dolmans, D. H., Loyens, S. M., Marcq, H., & Gijbels, D. (2016). Deep and Surface Learning in Problem-Based Learning: A Review of The Literature. Advances in health sciences education, 21(5). Doi: 10.1007/s10459-015-9645-6 Du, S., Liu, Z., Liu, S., Yin, H., Xu, G., Zhang, H., & Wang, A. (2013). Web‐Based Distance Learning for Nurse Education: A Systematic Review. International Nursing Review, 60(2). https://doi.org/10.1111/inr.12015 Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). The Power of Problem-Based Learning: A Practical “How to” for Teaching Undergraduate. Virginia: Stylus Publishing. Edward-Leis, C. 2012. Challenging Learning Journeys in The Classroom: Using Mental Model Theory to Inform How Pupils Think When They are Generating Solutions. Proceeding of Linköping Electronic Conference 73(18), 153-162. Eraikhuemen, L., & Ogumogu, A, E. (2014). An Assessment of Secondary School Physics Teachers Conceptual Understanding of Force and Motion in Edosouth Senatorial District. Academic Research International 5(1). Retrieved from http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./ Fyttas, G., Komis, V., & Ravanis, K. (2013). Ninth grade students' mental representations of the refraction of light: didactic implications. Revista mexicana de física E, 59(2). http://www.scielo.org.mx/ 167 Giesbers, B., Rienties, B., Tempelaar, D., & Gijselaers, W. (2013). Investigating The Relations Between Motivation, Tool Use, Participation, and Performance in an E-Learning Course Using Web- Videoconferencing. Computers in Human Behavior, 29(1). https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.09.005 Gliem, J. A., & Gliem, R. R. (2003). Calculating, interpreting, and reporting cronbach’s alpha reliability coefficient for likert-type scales. Midwest Research-to-Practice Conference in Adult, Continuing, and Community Education, 82-88. Gómez-Pablos, V.B., García-Valcárcel, A., & Del Pozo, M.M.. (2016). Project- Based Learning (PjBL) Through the Incorporation of Digital Technologies: An Evaluation Based on the Experience of Serving Teachers. Computer in Behavior, 68. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.056 Gott, S.P., Bennett, W., & Gillet, A. (1986). Models of technical competence for intelligent tutoring systems. Journal of Computer Based Instruction, 13 (2). Retrieved from https://psycnet.apa.org/record/1987-26762-001 Greca, I.M. & Moreira, M.A. (2001). Menthal Physical, and Mathematical Models in the Teaching and Learning of Physics. Science Education, 86(1). https://doi.org/10.1002/sce.10013 Haili, H., Maknun, J., & Siahaan, P..(2017). Problem Solving Based Learning Model with Multiple Representations to Improve Student’s Model mental Ability on Physics. In AIP Conference Proceeding, 1868 (1), 070004. https://doi.org/10.1063/1.4995180 Hake, Richard. (2012). Analyzing Change/Gain Score. Retrieved from http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Hamalik, O. (2003) . Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Hamid, A.A. (2012). Pembelajaran Fisika di Sekolah. Yogyakarta: FMIPA UNY https://doi.dx/ Harrison, A. G., & Treagust, D. F. (2000). A typology of school science models. International Journal of Science Education, 22(9). http://dx.doi.org/10.1080/095006900416884 Hastanti, R. P., Purnama. B. E., Wardati, I. U.. (2015). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnal Bianglala Informatika, 3(2). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ Hidayat, M. I., & Harahap, M. B. (2015). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Multimedia Lectora dan Kemampuan Berpikir Formal Hanum, N. S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102. 10.21831/jpv.v3i1.1584 168 Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1). https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2565 Hidayat, R.. (2010). Cara Praktis Membangun Website Grafis Memanfaatkan Layanan Domain dan Hosting Gratis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo. Hsu, Y. C., Ching, Y. H., & Grabowski, B. L. (2014). Web 2.0 Applications and Practices for Learning Through Collaboration. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer, New York, NY. Hwang, G. J., Kuo, F. R., Chen, N. S., & Ho, H. J. (2014). Effects Of An Integrated Concept Mapping and Web-Based Problem-Solving Approach On Students' Learning Achievements, Perceptions and Cognitive Loads. Computers & Education, 71. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.09.013 Ibrahim, B. & Robello, N.S.. (2013). Role of Mental Representations in Problem Solving: Students’ Approaches to Nondirected Tasks. Physical Review Special Topics - Physics Education Research. 9(2). doi: https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.020106 Irwandani, I. (2014). Model Pembelajaran Just In Time Teaching (Jitt) Berbantuan Website pada Topik Listrik Arus Bolak-Balik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(2). https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v3i2.72 Jansoon, N., Coll, R. K., & Somsook, E. (2009). Understanding Mental Models of Dilution in Thai Students. International Journal of Environmental and Science Education, 4(2). http://www.ijese.net/makale_indir/1387 Johnson-Laird. P. N.. (1983). Mental Models . England: Cambridge University Press, Cambridge. Jonassen, D.H. (2011). Learning to Solve Problem: a Handbook for Designing Problem Solving Learning. Interdisciplinary Journal of Peoblem-Based Learning, 5(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1257 Karamustafaoglu, S. (2011). Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 3. http://www.eurasianjournals.com/index.php/ejpce Kay, R. (2014). Exploring The Use of Web-Based Learning Tools in Secondary School Classrooms. Interactive Learning Environments, 22(1). https://doi.org/10.1080/10494820.2011.641675 Komike, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tabiyah, 1(1). http://ejournal.radenintan.ac.id/ 169 Kong, L. N., Qin, B., Zhou, Y. Q., Mou, S. Y., & Gao, H. M. (2014). The Effectiveness of Problem-Based Learning on Development of Nursing Students’ Critical Thinking: A Systematic Review and Meta- Analysis. International Journal of Nursing Studies, 51(3). https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2013.06.009 Kurnaz, M. A., & Eksi, C. (2015). An Analysis of High School Students' Mental Models of Solid Friction in Physics. Educational Sciences: Theory and Practice, 15(3). 10.12738/estp.2015.3.2526 Kurnaz, M.A.. (2013). An Analysis of Turkish High School Students’ Performance on Conceptual, Algorithmic and Graphical Physics Problems. Journal of Asian Scientific Research, 3(7). Retrieved from http://www.aessweb.com/ Kurniawan, D. T. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Website Interaktif pada Konsep Fluida Statis untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2). http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v19i2.462 Laliyo, L. (2011). Model Mental Siswa Dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1). Retrieved from http://repository.ung.ac.id/ Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia Permata. Loyens, S. M., Jones, S. H., Jeroen, M., & van Gog, T. (2015). Problem-Based Learning as a Facilitator of Conceptual Change. Learning and Instruction, 38. http://dx.doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.03.002 Madsen, A., McKagan, S.B., & Sayre, E.. (2013). Gender Gap on Concept Inventories in Physics: What is Consistent, What is Inconsistent, And What Factors Influence The Gap?. Physical Review Special Topics-Physics Education Research,9(2). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.020121 Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera. Marra, R. M., Jonassen, D. H., Palmer, B., & Luft, S. (2014). Why Problem-Based Learning Works: Theoretical Foundations. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4). Retrieved from: http://www.lhthompson.com/uploads/4/2/1/1/42117203/ Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah 170 Mertens, D. (2010). Research and Evaluation in Education and Phychology. Washington: Sage Publication. Munfarikha, N., Kusairi, S., & Zulaikhah, S. (2018). Pengaruh IQ, Gender, dan Tingkatan Kelas terhadap Model Mental Siswa tentang Magnet. Proceedings of the Seminar Nasional Quantum,UAD, 25 (2018) 2477-1511 (8pp). Noviayanti, R., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(3). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7478/4388 Novita, G.A.D.L., Sudana, D.N., & Riastini, P.N.. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD di Gugus IV Diponegoro Kecamatan Mendoyo. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ Nurohman, S. (2009). Penerapan Seven Jumps Method (SJM) Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Seminar Nasional IPA dan Pendidikan IPA FMIPA UNY. Proceeding of Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880- 5-7 O'Neil, H. F., & Perez, R. S. (2013). Web-Based Learning: Theory, Research, and Practice. Routledge. Paimun, & Masruri, M. S. (2014). Pengembangan Subject Specific Pedagogy Tematik untuk Meningkatkan Kejujuran dan Kedisiplinan Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2). http://doi.org/ 10.21831/jpe.v2i2.2719 Prakoso, I. (2011). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Metode Demostrasi dan Metode Eksperimen Ditinjau dari Keingintahuan dan Perhatian Siswa. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Sebelas Maret. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press. Prima, E.C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16 (1). Retrieved from http://journal.fpmipa.upi.edu/ Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2). Retrieved from : https://journal.uny.ac.id/ 171 Putra, N. A. R., Abdurrahman, Suana, W. (2015). Pengaruh Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(4). Retrieved from: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/ Putri, A. C. (2015, October). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-11. Puyada, D., & Putra, R.R. (2018). Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning dan Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1). https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.257 Rezba, R. J., Constance, S. S., Ronald, F., James. F., Harold, H. J. (1995). Learning anf Assesing Science Process Skills. Amerika: Kendal/Hunt Publishing Company. Rosyid, M.F., Firmansay, E., Resmiyanto, R. & Yasrina, A. (2018). Kajian Konsep Fisika 2 untuk Kelas XI SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Rustaman, N., & dan Hailu, S. (2012). Characteristics of Biology Instruction and Science Teaching. Fakultas MIPA UPI Sadiqin, I.K., Santoso, U.T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving pada Topik Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1). http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i1.12554 Sardiman, S. A., Raharjo, R. Haryono, A., Harjito. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Sari, K. H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tabiyah, 1(1). Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/886/759 Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1). http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1002. Schmidt, H.G., Rotgans, J.I., & Yew, E.H.J. (2011). The Process of Problem- Based Learning: What Works and Why. Medical Education, 45(8). https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.2011.04035.x 172 Serway, R.A. & Jewett, J.W. (2010). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Salemba Teknika. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Sholikhin, A., & Riasti, B. K. (2013). Pembangunan Sistem Informasi Inventaris Sekolah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Berbasis Web. Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS), 2(2). https://ijns.org/journal/ Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta :Rineka Cipta. Soedarjana, P. J., Abdulbasir, Setiadi, P. B.. (1979), Energi, Gelombang dan Medan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Soedarjana; A. & Setiadi, P.B. (1979). Energi. Gelombang, dan Medan. Jakarta: PT Bumirestu. Subagya, H. & Wilujeng, I. (2017). Buku Siswa Fisika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan MIPA. Jakarta: PT Bumi Aksara. Subekti, Y. & Ariswan. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IP A, 2(2). http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278 Suhadi. (2007). Petunjuk dan Pedoman Pembelajaran. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sujanem, R..(2011). Pengembangan Modul Fisika Konstektual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas XII di Singaraja. Proceeding of Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, SENAPATI 2011, A11, 118-127. Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UNY Suniati, N. M. S., Sadia, W., & Suhandana, A. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interaktif tehadap Penurunan Miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amlapura). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4. http://119.252.161.254/e-journal/ Suparwoto. (2007). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Fisika.Yogyakarta: UNY Press. Suprihatiningrum, J.. (2013). Stategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media. Supriyatman & Sukarno. (2014). Improving Science Process Skills (SPS) Science Concepts Mastery (SCM) Prospective Student Teachers Through Inquiry 173 Learning Instruction Model By Using Interactive Computer Simulation. International Journal of Science and Research (IJSR), 3. Retrived from: http://citeseerx.ist.psu.edu/ Surya, Y. (2009). Seri Bahan Persiapan Olimpiade Fisika Optika.Tangerang: PT Kandel. Susilo, A.B. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Journal of Primary Educational, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/ Syukron, A. & Hasan, N.. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web pada Puskesmas Winong. Jurnal Bianglala Informatika, 3(1). Retrived from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/ Tawil,M & Liliasari. 2014. KeterampilanKeterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Intructional Development for Training Teacher of Exceptional Children a Sourcebook. Indiana:ERIC Torp, L., & Sage, S. (2002). Problem as Possibilities: Problem-Based Learning for K-16 Education. Alexandria: ASCD. Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara. Tural, G. (2015, June). Active learning environment with lenses in geometric optics. In Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching 16(1), 1- 18. The Education University of Hong Kong, Department of Science and Environmental Studies. https://www.eduhk.hk/ Untayana, J. R., & Harta, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran limit Berbasis pendekatan saintifik berorientasi prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matermatika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9683 Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1). https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1025 Walker, A.E., Leary, H., Hmelo-Silver, C. & Ertmer, P.A. (Eds.). (2015). Essential Readings in Problem-Based Learning. Purdue University Press. Warianto. (2011). Keterampilan Proses Sains. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Winkel. (2012). Psikologi Pengajaran.Yogyakarta: Media Abadi Wood, D.F. (2003). ABC Of Learning and Teaching in Medicine (Problem Based Learning). British Medical Journal, 326-330. https://doi.org/10.1136/bmj.326.7384.328 Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya. citation: Zahro, Raisuz and Suparwoto, Suparwoto (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Memperbaiki Model Mental Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67334/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67334/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67334/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67334/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67334/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67334/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67334/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67334/8/Lampiran.pdf