%I Program Pascasarjana %A Raisuz Zahro %A Suparwoto Suparwoto %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan web yang layak digunakan untuk pembelajaran di SMA kelas XI; (2) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran tersebut dalam peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik SMA; (3) menggambarkan profil kemampuan peserta didik dari hasil pengembangan perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D Thiagarajan et al., (1974) yang terdiri dari define, design, developh, dan disseminate. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 20 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Wonosobo. Subjek uji lapangan operasional terdiri atas 95 peserta didik dari tiga kelas XI MIPA di SMAN 1 Wonosobo. Instrumen perangkat pembelajaran pembelajaran yang digunakan adalah silabus, RPP, LKPD, materi pembelajaran, dan media pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, soal tes model mental, lembar observasi KPS dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan analisis gain, uji statistik multivariat, dan analisis effect size. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan penilaian para ahli secara keseluran dengan kategori ”sangat baik”; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan KPS dan memperbaiki model mental peserta didik berdasarkan analisis gain, secara berturut- turut peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik sebesar 0,78 dan 0,67. Hasil analisis uji multivariat Wilks’ Lambda menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik. nilai effect size besar perbedaan peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik secara berturut-turut sebesar 1,85 (kategori besar) dan 1,61 (kategori besar); (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menghasilkan gambaran profil kemampuan peserta didik dengan rata-rata tertinggi diperoleh pada kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PBL berbantuan web. %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Memperbaiki Model Mental Peserta Didik SMA. %D 2019 %L UNY67334 %K Perangkat pembelajaran, PBL, web, keterampilan proses sains, model mental