%L UNY67310 %O Ahmad Rithaudin, M.Or. (Dosen Pembimbing) %K PJOK, pembelajaran, HOTS %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tentang pembelajaran yang memuat HOTS (Higher Order Thinking Skills) di SMP Negeri se-Wilayah Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian campuran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey, dengan teknik pengumpulan data menggununakan instrumen penilaian atau analisis dokumen. Subyek penelitian ini adalah dokumen RPP dari 16 guru yang masing-masing 1 dokumen RPP PJOK se-Wilayah Kota Yogyakarta yang berjumlah 16 RPP dari setiap sekolah yang dilakukan pada 10 Mei – 20 Juni 2019 dan dalam penelitian ini yang diteliti atau dianalisis adalah komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang pembelajaran yang memuat HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang telah dibuat Guru PJOK kemudian di skoring dan hasil tersebut disajikan dalam bentuk frekuensi dan persentasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tentang pembelajaran yang memuat HOTS (Higher Order Thinking Skills) di SMP Negeri se-Wilayah Kota Yogyakarta berada pada kategori “sangat baik” dengan persentase 0%, kategori “baik” dengan persentase 0%, kategori “cukup” dengan persentase 31,25%, kategori “kurang” dengan persentase 43,75%, dan kategori “sangat kurang” dengan persentase 25%. %A Wahyu Tri Hariyadi %T ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN DI SMP SE-WILAYAH KOTA YOGYAKARTA %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2020