%0 Thesis %9 S1 %A Triyono, Agus %A Herwin, M.Pd., %B Pendidikan Kepelatihan Olahraga %D 2019 %F UNY:67305 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K sepakbola, zona defense, man to man marking, kemampuan bertahan %T EFEKTIVITAS LATIHAN ZONA DEFENSE DAN MAN TO MAN MARKING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTAHAN PEMAIN BELAKANG KU 16 TAHUN (STUDI EKSPERIMEN DI SSB BATURETNO) %U http://eprints.uny.ac.id/67305/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas latihan zona defense dan man to man marking terhadap peningkatan kemampuan bertahan pemain belakang KU 16 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain di SSB Baturetno yang berjumlah adalah 78 pemain, Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria (1) pemain SSB Baturetno KU 16 tahun, (2) merupakan pemain posisi belakang, (3) Kehadiran pada saat treatment minimal 75%, (4) Sanggup mengikuti seluruh program latihan yang telah disusun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 24 pemain. Seluruh sampel dikenai pretest untuk menentukan kelompok treatment, diranking nilai pretest-nya, kemudian dipasangkan (matched) dengan pola A-B-B-A dalam dua kelompok dengan anggota masing-masing 12 pemain. Instrumen menggunakan defense test (Batty, 2008). Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan zona defense terhadap peningkatan kemampuan bertahan pemain belakang KU 16 tahun, dengan nilai t hitung 5,334 > t tabel 2,201, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan man to man marking terhadap peningkatan kemampuan bertahan pemain belakang KU 16 tahun, dengan nilai t hitung 9,016 > t tabel 2,201, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara latihan zona defense dan man to man marking terhadap peningkatan kemampuan bertahan pemain belakang KU 16 tahun, dengan nilai t hitung 0,136 < t tabel = 2,074 dan sig, 0,893 > 0,05. %Z Herwin, M.Pd. (Dosen Pembimbing)