%0 Thesis %9 S1 %A Purborapi, Riri %A Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed., %B PGSD Penjas %D 2020 %F UNY:67279 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K media pembelajaran, ular tangga, PBHS %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENGAJARKAN PBHS SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 BOCOR %U http://eprints.uny.ac.id/67279/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa modifikasi permainan ular tangga untuk mengajarkan PHBS (perilaku Hidup bersih dan Sehat) siswa kelas 1 SD Negeri 1 Bocor. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan atau mengembangkan suatu produk yang dimodifikasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 dari SD Negeri yang ada di kecamatan Buluspesantren dengan jumlah total 30 siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media yang berupa hasil validitas produk, sedangkan untuk instrumen respon siswa menggunakan lembar kuisioner uji coba. Instrumen yang berupa validitas produk ini diperoleh dengan menggunakan lembar evaluasi yang telah dibuat berdasarkan penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Dihasilkan satu paket produk media pembelajaran berupa modifikasi permainan ular tangga PHBS yang terdiri dari papan permainan ular tangga, dadu undian, lembar petunjuk permainan dan tas. Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4,22 sehingga masuk dalam kategori “sangat baik”, dan untuk nilai validasi oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata 4,4 sehingga masuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai rata-rata 4,6 yang masuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran modifikasi permainan ular tangga layak digunakan untuk mengajarkan PHBS di kelas 1 sekolah dasar. %Z Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed. (Dosen Pembimbing)