@phdthesis{UNY67269, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INVERSE KINEMATIK DENGAN CNC DRAWING ROBOT PADA MATA KULIAH ROBOTIKA}, year = {2020}, month = {January}, author = {Ridho Prasakti}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Perkembangan teknologi dunia intustri semakin maju dan membutuhkan media pembelajaran yang mampu mengikuti perkembangan yang ada. Penggunaan mesin CNC dan penerapan ilmu kinematika merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang mempelajari hal tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: (1) rancang bangun media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot pada mata kuliah Robotika, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot pada mata kuliah, (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot pada mata kuliah Robotika. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan RnD (Research and Development) dengan prosedur pengembangan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE yang dilaksanakan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Objek dalam penelitian ini adalah media praktikum CNC Drawing Robot dan jobsheet praktikum sebagai media pembelajaran mata kuliah Robotika. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuisioner. Instrumen yang digunakan dalam bentuk angket dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot pada mata kuliah Robotika terdiri dari bagian mekanik penggerak, bagian elektronik dan box packaging. Media pembelajaran dilengkapi dengan jobsheet praktikum yang telah disesuaikan materinya. (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot berdasarkan hasil uji validasi media sebesar 98\% dengan kategori sangat layak digunakan, dan hasil uji validasi materi memperoleh hasil sebesar 91\% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil ujicoba pemakaian oleh responden mahasiswa diperoleh sebesar 86\% dan dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Dengan hasil tersebut maka Media Pembelajaran Inverse Kinematik dengan CNC Drawing Robot dapat dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Robotika di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67269/}, keywords = {CNC Drawing Robot, media pembelajaran, mata kuliah Robotika} }