@phdthesis{UNY67188, month = {August}, author = {Nurhasanah Nurhasanah and Djukri Djukri}, title = {Keefektifan Model Discovery Learning disertai Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Pada Materi Sistem Ekskresi.}, school = {Program Pascasarjana}, year = {2019}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67188/}, keywords = {Discovery Learning, Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan Model Discovery Learning disertai Brainstorming terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi, (2) mengetahui keefektifan Model Discovery Learning disertai Brainstorming terhadap sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi (3) mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment yang menggunakan desain non- equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Banguntapan, yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan teksnik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes uraian untuk kemampuan berpikir kritis dan angket kuesioner untuk sikap ilmiah. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji independent t-test, Mann-Withney test, dan korelasi Spearman's rho. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa: (1) penggunaan model Discovery Learning disertai Brainstorming efektif terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi (2) penggunaan model Discovery Learning disertai Brainstorming efektif terhadap sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi (3) ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi.} }