%0 Thesis %9 S1 %A Hidayah, Karima Asri %B Fakultas Teknik %D 2019 %F UNY:67144 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K CAD, pemahaman, translasi, interpretasi, ekstrapolasi %T TINGKAT PEMAHAMAN PEMBUATAN POLA BERBASIS CAD PADA MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/67144/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Mengetahui tingkat pemahaman konsep translasi, 2) Mengetahui tingkat pemahaman konsep interpretasi dan 3) mengetahui tingkat pemahaman konsep ekstrapolasi siswa kelas XI jurusan Tata Busana terhadap materi pembuatan pola digital berbasis CAD di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian mengenai tingkat pemahaman pembuatan pola berbasis CAD pada mata pelajaran busana industri ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa kelas XI tata busana SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan jumlah 91 siswa dengan sampel yang digunakan merupakan 15 siswa sampel uji instrumen, dan 76 siswa merupakan sample data. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Banyak butir instrumen tes adalah 45 butir dengan opsi pilihan jawaban benar dan salah. Validitas instrument penelitian menggunakan validitas konstruk dengan pencapaian r-hitung >0.300. Reliabilitas digunakan rumus Alfa Cronbach dengan hasil sebesar 0.905 sehingga dikatakan reliabel untuk dilakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pemahaman tahap translasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masuk dalam kategori sedang. 2) Pemahaman tahap interpretasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masuk dalam kategori sedang. 3) Pemahaman tahap ekstrapolasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masuk dalam kategori sedang.