eprintid: 67114 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1213 dir: disk0/00/06/71/14 datestamp: 2020-01-14 03:22:17 lastmod: 2020-01-14 03:22:17 status_changed: 2020-01-14 03:22:17 type: conference_item metadata_visibility: show creators_name: Syarif Hadi Wibowo, Tubagus Umar creators_id: Tubagusumar@gmail.com title: SINDROM FLINSTONES DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MILENIAL ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: fis_pend_sejarah full_text_status: public pres_type: paper abstract: Sindrom Flintstones, menurut Knight, berlaku apabila mereka melihat konteks kehidupan masyarakat zaman batu melalui sudut pandang masa kini. Akibatnya terjadi suatu kesenjangan antara ruang dan waktu, dimana peristiwa terjadi. Sindrom Flintstone kerap menerpa generasi millennial (mahasiswa dan siswa), guru bahkan sejarawan dalam membuat narasi atau melakukan eksplanasi dalam proses historiografi. Dalam membuat narasi, kekhilafan guru dan generasi millennial diantaranya menempatkan kejadian yang tidak sesuai dengan waktunya, anakronistik, dan fallacy of precentism. Upaya yang dilakukan untuk terhindar dari sindrom Flintstone, salahsatunya dengan menumbuhkan empati sejarah dalam pembelajaran di kelas sebagai suatu alat untuk memahami jiwa jaman (zeitgeist) dan ikatan budaya dalam suatu peristiwa sejarah. Kata Kunci: Sindrom Flinstones, Pembelajaran Sejarah, date: 2020-01-13 date_type: published event_title: seminar nasional dan temu alumni HMPS 2019 event_location: FIS UNY Yogyakarta event_dates: 12 oktober 2019 event_type: conference refereed: TRUE citation: Syarif Hadi Wibowo, Tubagus Umar (2020) SINDROM FLINSTONES DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MILENIAL. In: seminar nasional dan temu alumni HMPS 2019, 12 oktober 2019, FIS UNY Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67114/1/SINDROM%20FLINSTONES%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20SEJARAH%20MILENIAL%20-%20Tubagus%20Umar.pdf