%K Pengembangan, media Android, dan bumbu dasar Indonesia %A Dinda Ragita Wulandari %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pembuatan media pembelajaran bumbu dasar Indonesia berbasis Android, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran bumbu dasar Indonesia berbasis Android. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D (define, design, develop, dan dissemination). Tempat penelitian berlokasi di SMK N 1 Kalasan dengan subjek penelitian yaitu ahi materi, ahli media, dan respon peserta didik kelas X Jasa Boga yang berjumlah 42 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu menghasilkan produk Android dengan ukuran 26,25 MB dan dikemas menggunakan software Adobe Animate, (2) berdasarkan data penelitian yang didapat dari ahli materi yaitu 94,19% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media memberikan nilai 96,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji coba skala terbatas menilai dari segi materi dan media mendapatkan hasil 84,3% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan uji coba skala besar mendapatkan hasil 84,71% dengan kategori “Sangat Layak”. Terakhir, media Android disebarluaskan dengan cara mengupload file aplikasi ke Google Drive. Link kemudian didistribusikan secara terbatas melalui WhatsApp kepada pendidik Jasa Boga di SMK N 1 Kalasan dan didistribusikan secara luas dengan pengenalan melalui video dan mencantumkan link tersebut pada caption yang diunggah pada akun Instagram https://www.instagram.com/p/B1gfyjkHf4s/?igshid=1t0zijryv858o. %L UNY67087 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUMBU DASAR INDONESIA BERBASIS ANDROID %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2019