%0 Thesis %9 S1 %A Awandany, Shintya Della %B Fakultas Teknik %D 2019 %F UNY:67039 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K media pembelajaran, flowchart, saku passepoille %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLOWCHART MEMBUAT SAKU PASSEPOILLE DENGAN KLEP PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA UNTUK SISWA KELAS XI DI MAN 1 SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/67039/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran flowchart membuat saku passepoille dengan klep pada mata pelajaran Keterampilan Tata Busana untuk siswa kelas XI di MAN 1 Sleman; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran flowchart membuat saku passepoille dengan klep pada mata pelajaran Keterampilan Tata Busana untuk siswa kelas XI di MAN 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan, yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Validitas instrumen dibuktikan melalui validitas isi berdasarkan penilaian dari judgement expert. Reliabilitas instrumen menggunakan Alfa Cronbach dengan hasil sebesar 0,813 sehingga termasuk dalam kategori sangat kuat teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : (1) berupa produk media pembelajaran flowchart membuat saku passepoille dengan klep kelas XI Tata Busana MAN 1 Sleman; (2) kelayakan media pembelajaran flowchart berdasarkan : (a) penilaian ahli materi dan ahli media dengan hasil sangat layak dan prosentase sebesar 98,25% (b) pada uji terbatas dengan hasil sangat layak dan prosentase 87,15% (c) pada uji sesungguhnya dengan hasil sangat layak dan prosentase 82,4%. Media pembelajaran flowchart yang layak menunjukkan bahwa media tersebut dapat diterapkan didalam proses pembelajaran pada materi pembuatan saku passepoille dengan klep dan membantu siswa untuk mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan.