%T PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID (PLTH) BAYU BARU PANDANSIMO DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2019 %L UNY67019 %K pembangkit listrik tenaga hybrid, energi terbarukan %X Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Sistem PLTH Bayu Baru pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan modul pembelajaran Sistem PLTH Bayu Baru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian Waterfall. Tahapan pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa TITL SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan jumlah 20 siswa. Data Penelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert empat pilihan untuk memperoleh data kelayakan modul pembelajaran Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Instrumen angket diuji validitasnya menggunakan expert judgment, reliabilitas instrumen tes diuji menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) kelayakan modul pembelajaran berdasarkan ahli media mendapatkan persentase 80,15% dengan kategori “Sangat Layak’, ahli materi mendapatkan persentase 82,39% dengan kategori “Sangat Layak”, dan respon siswa mendapatkan persentase 80,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil rerata pretest yaitu 60,75 dan hasil rerata nilai postest yaitu 77,25, hasil tersebut mendapatkan nilai standard gain sebesar 0,72 dan dapat dikategorikan “Tinggi”. %A Muhamad Alim Makhrus