%D 2019 %K AutoCAD, media pembelajaran, modul, penilaian, validasi %L UNY66999 %X Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui tahapan pembuatan modul pembelajaran AutoCAD untuk menjadi media pembelajaran dalam mata pelajaran pelajaran APLPIG di SMK Negeri 3 Yogyakarta dan (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran AutoCAD untuk menjadi media pembelajaran berdasarkan pendapat dari ahli materi, ahli media, dan guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari empat langkah penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang didukung kegiatan observasi dan wawancara. Adapun proses pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali. Pengambilan data pertama dilakukan sebagai validasi modul berdasarkan pendapat ahli materi, ahli media, dan guru. Sedangkan pengambilan data kedua dilakukan dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk menilai modul pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk modul pembelajaran dapat disusun dengan proses yang menghasilkan materi mencakup: a) Definisi perangkat lunak AutoCAD; b) Tampilan dan tahapan pengelolaan file AutoCAD; c) Prinsip gambar dua dimensi; d) Persiapan menggambar dengan AutoCAD; e) Pembuatan gambar detail; f) Pembuatan gambar rancangan; dan g) Pembuatan etiket gambar dan pencetakan gambar. Sementara itu, hasil validasi modul berdasarkan ahli materi mendapatkan skor 3,55 dengan kategori sangat layak. Validasi berdasarkan ahli media mendapatkan skor 3 dengan kategori layak. Sedangkan validasi guru mendapatkan skor 2,95 dengan kategori layak. Sementara itu, penilaian modul berdasarkan siswa menunjukkan bahwa lima komponen masuk kategori sangat layak, dua komponen layak, dan satu komponen cukup layak. %I Universitas Negeri Yogyakarta %A Ahmad Aldo %T PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA