TY - THES A1 - Lesmana, Agung A1 - Aminatun, Tien PB - Program Pascasarjana Y1 - 2019/08/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan penggunaan model problem posing disertai resitasi terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA, (2) mengetahui keefektifan penggunaan model problem posing disertai resitasi terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment yang menggunakan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Bantul yang terdiri dari enam kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan teksnik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dan angket untuk memperoleh data sikap ilmiah peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji independent t-test dan Mann- Whitney. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa: (1) penggunaan model problem posing disertai resitasi efektif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA, (2) penggunaan model problem posing disertai resitasi efektif terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas X SMA. UR - http://eprints.uny.ac.id/66994/ TI - Keefektifan Pengggunaan Model Problem Posing Disertai Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah pada Materi Ekosistem Kelas X SMA. AV - restricted KW - Problem Posing KW - Resitasi KW - Pemahaman Konsep KW - Sikap Ilmiah ID - UNY66994 M1 - tesis ER -