%0 Thesis %9 S1 %A Hardini, Wa Ode Meliyani %B Filsafat dan Sosiologi Pendidikan %D 2019 %F UNY:66986 %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta %K implementasi, sekolah ramah anak, SMP Negeri 17 Kendari %T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DI SMP NEGERI 17 KENDARI, SULAWESI TENGGARA %U http://eprints.uny.ac.id/66986/ %X Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) implementasi kebijakan sekolah ramah anak (SRA) di SMP Negeri 17 Kendari, Sulawesi Tenggara. (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan sekolah ramah anak di SMP Negeri 17 Kendari, Sulawesi Tenggara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatatif, jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan sekolah ramah anak di SMP Negeri 17 Kendari dalam proses interpretasi menghasilkan 3 kebijakan yaitu, kebijakan pembentukan tim sekolah ramah anak, kebijakan pembentukan panitia penanggulangan tindak kekerasan, tata tertib dan karakter. SOP terkait pengorganisasian SRA di SMP Negeri 17 Kendari adalah SK kepala sekolah nomor 421.2/99/2017 dan SK kepala sekolah nomor 421.2/98/2017. Pelaksanaan implementasi sekolah ramah anak diwujudkan dalam penegakan disiplin non-kekerasan, afirmasi pendidikan, mencari anak yang belum terjangkau pendidikan, sekolah bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif, sekolah aman dari bencana, sekolah menjamin peserta didik menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing, dan pelaksanaan kurikulum ramah anak (2) Faktor pendukung implementasi kebijakan SRA di SMP Negeri 17 Kendari adalah sumber daya dan disposisi kebijakan. Faktor penghambat implementasi kebijakan SRA di SMP Negeri 17 Kendari adalah komunikasi selama proses implementasi kebijakan SRA.