TY - THES KW - Modal Sosial KW - Mutu Sekolah. PB - Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Masalah mutu pendidikan di Indonesia masih sangat komplek, perbaikan mutu sekolah masih menjadi suatu hal yang perlu di kaji sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Strategi yang dilakukan dalam perbaikan mutu sekolah; (2) Peran modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah; (3) Faktor penghambat dan pendukung peran modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah di SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Creswell yakni mengolah data, membaca keseluruhan data, meng-coding data, mendeskripsikan tema-tema, dan menginterpretasi data. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Strategi yang dilakukan dalam perbaikan mutu sekolah dengan strategi komprehensif; (2) Modal sosial kepercayaan, nilai/norma, jaringan sosial, kerja sama dan partisipasi mendukung dalam perbaikan mutu sekolah; (3) Faktor penghambat: letak sekolah kurang strategis, pemenuhan sarana dan prasarana membutuhkan waktu tidak sebentar, perbedaan generasi para pendidik. Faktor pendukung: wali murid yang melakukan promosi, kesamaan tujuan, memiliki banyak relasi, dan adanya program-program unggulan dari sekolah. Y1 - 2019/12/19/ A1 - Huwaida, Deska TI - PERAN MODAL SOSIAL DALAM PERBAIKAN MUTU SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING AV - public M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/66985/ ID - UNY66985 ER -