%0 Thesis %9 S1 %A Rahmawati, Fiera %B Filsafat dan Sosiologi Pendidikan %D 2019 %F UNY:66961 %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta %K kedisiplinan, asrama %T PENDIDIKAN KEDISIPLINAN BAGI SANTRI DI ASRAMA MTS MUALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/66961/ %X Penelitian ini mendeskripsikan tentang pendidikan kedisiplinan santri di Asrama MTs Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta, faktor pendukung dan penghambat serta strategi asrama untuk mengatasi faktor penghambat. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pamong asrama, musyrifah atau guru pendamping asrama, dan santri MTs Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan kedisiplinan dilakukan melalui implementasi kegiatan-kegiatan dan tata tertib yang berlaku di asrama seperti: jam asrama, jam belajar, tata cara berbusana, dan lain sebagainya. Kemudian, pelaksanaan pendidikan kedisiplinan di asrama dilaksanakan dengan adaptasi dan pembiasan. (2) Faktor pendukung meliputi pemberian wewenang secara penuh oleh pihak madrasah kepada pamong dan musyrifah untuk mengelola asrama secara penuh dan konsistensi. Faktor penghambat seperti kurangnya sumber daya manusia dan masih terdapat sebagian santri yang belum disiplin. (3) Upaya yang dilakukan oleh pihak asrama sebagai strategi yaitu penambahan sumber daya dan melakukan pendekatan secara persuasif pada santri.