@phdthesis{UNY66935, year = {2019}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, note = {Tri Ani Hastuti, M.Pd. (Dosen Pembimbing)}, title = {UPAYA MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN LONCAT KATAK MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TEMPURAN TAHUN 2019/2020}, author = {Agus Hermawan}, month = {October}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66935/}, keywords = {minat, loncat katak}, abstract = {Penelitian ini memiliki tujuan meningkatkan minat siswa dalam melakukan loncat katak dalam olahraga Atletik pada kelas V di SD Negeri 2 Tempuran Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara melalui modifikasi alat. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian menggunakan survei. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tempuran kecamatan Wanayasa sejumlah 14 siswa. Instrumen penelitian, yaitu: lembar pengamatan partisipasi siswa dan lembar penilaian unjuk kerja sikap siswa. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian keaktifan dan sikap siswa dalam pembelajaran kemampuan loncat katak dengan pendekatan modifikasi alat pembelajran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari hasil refleksi antara peneliti dan kolaborator. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian kolaborator terhadap pa rtisipasi siswa dan sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Adanya peningkatan partisipasi dan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran loncat katak dengan memodifikasi alat pembelajaran yang dilaksanakan dalam 1 siklus 2 kali pertemuan. Peningkatan minat siswa sebesar 82,14\% telah sesuai indikator keberhasilan, yaitu minimal sebanyak 80\% dari total siswa dalam satu kelas berkategori ?Tuntas?, dengan asumsi siswa memperoleh NA (Nilai Akhir) {\ensuremath{>}} 75. Sikap atau respon siswa yang meningkat dalam tindakan di 1 siklus 2 kali pertemuan. Peningkatan sikap siswa dengan nilai sebesar 90 telah sesuai indikator keberhasilan, yaitu penilaian sikap keseluruhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah memperoleh NA (Nilai Akhir) {\ensuremath{>}} 75.} }