%0 Thesis %9 S1 %A Khomarudin, Abdul Azis %A Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2019 %F UNY:66908 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K peserta didik perempuan, pembelajaran penjas %T KAJIAN FENOMENA PEREMPUAN DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH DENGAN STRUKTUR PESERTA DIDIK HETEROGEN DAN MINORITAS %U http://eprints.uny.ac.id/66908/ %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fenomena perempuan dalam pembelajaran penjas di sekolah dengan struktur peserta didik heterogen dan minoritas (SMA Negeri 1 Karangdowo dan SMK Kristen Pedan). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Karangdowo dan SMK Kristen Pedan. Penentuan subjek penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik perempuan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Karangdowo dan kelas XI Otomotif B SMK Kristen Pedan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi fenomena peserta didik perempuan dalam pembelajaran penjas di SMA Negeri 1 Karangdowo, yaitu: (a) kemampuan dalam pembelajaran penjas yang kurang baik, (b) pengalaman buruk menjadikan trauma, (c) motivasi yang kurang, (d) rasa tidak nyaman, (e) rasa malu, (f) suasana asik saat pembelajaran penjas, (g) berani mengikuti pembelajaran penjas, dan (h) kesehatan yang kurang baik. Sedangkan di SMK Kristen Pedan, yaitu: (a) kemampuan yang baik dan maksimal dalam pembelajaran penjas, (b) pengalaman buruk tidak menjadikan trauma, (c) motivasi yang baik, (d) percaya diri, (e) suasana asik saat pembelajaran penjas, (f) berani mengikuti pembelajaran penjas, dan (g) kemampuan yang berbeda dengan peserta didik laki-laki menyebabkan tidak bisa mengimbangi saat materi olahraga yang dirasa berat. Faktor eksternal yang mempengaruhi fenomena peserta didik perempuan dalam pembelajaran penjas di SMA Negeri 1 Karangdowo, yaitu: (a) image guru yang baik, (b) teman lawan jenis yang membuat peserta didik pasif, dan (c) peserta didik perempuan lebih memilih materi praktik yang dilaksanakan di luar kelas. Sedangkan di SMK Kristen Pedan, yaitu: (a) image guru yang baik, dan (b) peserta didik perempuan lebih memilih materi praktik yang dilaksanakan di luar kelas. %Z Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil. (Dosen Pembimbing)