%0 Thesis %9 S1 %A Purnama, Dwi %B Filsafat dan Sosiologi Pendidikan %D 2019 %F UNY:66889 %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta %K Implementasi Kebijakan, Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Karakter %T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN %U http://eprints.uny.ac.id/66889/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kebijakan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu Kebumen, yang isinya tentang bagaimana pelaksanaan kebijakan pendidikan karakter, faktor penghambat dan faktor pendorong serta bagaimana strategi mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu Kebumen, pada bulan Juli sampai dengan September. Subjek penelitian adalah kepala pondok, ustadz/guru dan santri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diuji dengan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. 1) Implementasi kebijakan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-kahfi Somalangu telah berjalan, karakter utama yang ditanamkan kepada para santri adalah religius adapun karakter lain yang ditanamkan diantaranya kemandirian, tanggung jawab, kepemimpinan, percaya diri. 2) Kendala yang muncul dalam implementasi pendidikan karakter ialah terbatasnya pengawasan kepada para santri. 3) cara mengatasi hambatan dalam implementasi pendidikan karakter adalah dengan rapat kordinasi karena program sudah terlaksana, maka koordinasinya melalui evaluasi setiap minggu untuk melihat kelemahan ataupun hambatan yang dialami seminggu terakhir agar dapat diperbaiki pada minggu selanjutnya.