%K Kemitraan Sekolah, Dunia usaha %A Hasan Wafi %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai implementasi program kemitraan sekolah dengan dunia usaha, bentuk kemitraan sekolah, faktor pendukung dan penghambat kemitraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan Industri (Hubin), guru jurusan Teknologi Komputer Jaringan (TKJ), siswa Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) yang magang di PT. Gammatechno Indonesia. Objek penelitian adalah data implementasi kemitraan sekolah dengan dunia usaha khususnya Jurusan Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) dengan PT. Gammatechno Indonesia. Data di peroleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian: 1) Proses kemitraan antara SMK Negeri 2 Depok dengan PT. Gamatechno Indonesia dapat dilihat dari partisipasi yang aktif siswa dalam mengikuti kemitraan dengan dunia usaha khususnya PT. Gamatechno Indonesia. 2) Kemitraan di SMK Negeri 2 Depok adalah bentuk kemitraan yang saling menguntungkan (mutualism partnership). 3) Faktor pendukung dan penghambat antara lain adalah teknologi, komunikasi, rekrutmen siswa, kepercayaan, dan fasilitas sekolah dan faktor-faktor penghambat diantaranya yaitu fasilitas yang ada dan komunikasi waktu. %L UNY66887 %T IMPLEMENTASI PROGRAM KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DI SMK NEGERI 2 DEPOK %D 2019 %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta