TY - THES A1 - Sakirina, Runi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2018/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, pelatih dan siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) implementasi program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan didasarkan pada kurikulum 2013 melalui pembelajaran cabang olahraga pada jam ke nol, satu, dan dua. Cabang olahraga terdiri dari sepak bola, taekwondo, karate, atletik, bola voli, bulu tangkis, sepak takraw dan futsal; (2) faktor pendukung implementasi Program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan adalah adanya kebijakan Dinas pendidikan Kabupaten Sleman tentang pelaksanaan program Kelas Khusus Olahraga (KKO), guru dan pelatih terpenuhi, dukungan motivasi dari sekolah dan orangtua siswa. Faktor penghambat implementasi Program Kelas Khusus Olahraga di SMA Negeri 1 Seyegan adalah pembelajaran di kelas tidak kondusif dan sarana prasarana tidak lengkap pada beberapa cabang olahraga. UR - http://eprints.uny.ac.id/66885/ TI - IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMA N 1 SEYEGAN AV - public KW - implementasi KW - program kelas khusus olahraga ID - UNY66885 M1 - skripsi ER -