%L UNY66884 %K implementasi, karakter, SMP Muhammadiyah Salam %A Fahma Abidah %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan karakter, faktor penghambat pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah Salam dan upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa. Data Penelitian dianalisis dengan menggunakan metode Miles dan Huberman, uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) SMP Muhammadiyah Salam menerapkan nilai religius dan disiplin. Metode pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah Salam yaitu inkulkasi nilai, keteladanan, dan fasilitasi. Program yang mendukung implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah Salam yaitu: kegiatan belajar mengajar, apel pagi, tahfidzul Quran, qiroatul Quran, shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, MABIT, esktrakurikuler HW dan tapak suci, upacara bendera, serta literasi. Implementasi kebijakan pendidikan karakter memanfaatkan sarana komunikasi, dukungan sumber daya (sumber daya manusia berkualitas, sumber daya anggaran yang cukup, dan sumber daya fasilitas yang memadai), disposisi berupa sikap yang mendukung kebijakan, dan struktur organisasi yang jelas. (2) Faktor penghambat implementasi kebijakan pendidikan karakter yaitu: latar belakang siswa yang bervariasi, siswa yang sulit diarahkan, guru kurang memberi teladan untuk siswa, dan sikap orang tua siswa yang acuh terhadap perilaku anak. (3) Upaya untuk mengatasinya yaitu memberikan punishment kepada siswa, melakukan pembinaan untuk guru, melakukan Pertemuan Orang tua Murid dan Guru. %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta %D 2019 %T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH SALAM MAGELANG