%T MUSEUM KUPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH INDONESIA MASA PRAAKSARA BAGI GENERASI MILENIAL %D 2019 %X Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan museum sebagai sumber pembelajaran sejarah Indonesia masa praaksara bagi generasi milenial. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka yang relevan dengan metode pembelajaran sejarah dan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah. Sasaran dari studi ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Nusa Cendana yang sedang melaksanakan PPL pada sekolah mitra. Kajian ini menemukan bahwa Pemanfaatan museum sebagai media pembelajaran sejarah Indonesia masa praaksara ini dapat meningkatkan pemahaman pelajar terhadap materi sejarah Indonesia masa pra-aksara. Ini dikarenakan museum menawarkan kompleksitas media yang sangat membantu pelajar dalam memperoleh informasi kesejarahan. Pemanfaatan museum sebagai media pembelajaran sejarah, selain memberikan aspek rekreasi bagi pelajar, juga mampu memberikan visualisasi, interpretasi, dan generalisasi tentang suatu peristiwa sejarah. Oleh karena itu, sebagai upaya peningkatan pemahaman siswa tentang materi zaman praaksara perlu adanya optimalisasi penggunaan media pembelajaran berupa museum. Kata Kunci: Museum, Media Pembelajaran Sejarah, Praaksara %A Susilo Setyo Utomo %C FIS UNY Yogyakarta %L UNY66867