%0 Thesis %9 S2 %A Purnmasari, Debby Adelita Febrianti %A Fauziah, Puji Yanti %B Pendidikan Anak Usia Dini %D 2019 %F UNY:66854 %I Pascasarjana %T Studi Komparatif Taman Kanak-kanak Berbasis Alam di Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/66854/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan standar nasional di tiga Taman Kanak-kanak berbasis Alam Yogyakarta; (2) Untuk mendeskripsikan komparasi dari penerapan standar nasional di tiga Taman Kanak-kanak berbasis Alam Yogyakarta; (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik dari masing-masing Taman Kanak-kanak berbasis Alam di Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Maguwo, Kecamatan Bedog, dan Kecamatan Trihanggo yang berada di Daerah Istimewah Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu komparatif dengan menggunakan metode kualitatif. Pembangkit data menggunakan teknik interview, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Subyek penelitian melibatkan kepala sekolah, guru kelompok A dan guru kelompok B. Peralatan untuk pengumpulan data antara lain kamera foto, audio-video recording, buku catatan lapangan (fieldnotes), dan laptop. Keabsahan data dalam penelitian ini dinyatakan dengan berbagai bukti-bukti temuan berupa rekaman suara, foto, kondisi riil lapangan sebagai realita sosial yang alami. Analisis data dilakukan menggunakan analisis George Z. F Bereday melalui pemaknaan data yang tersaji selama di lapangan dan setelah meninggalkan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan implementasi delapan standar di tiga TK berbasis alam Yogyakarta sesuai dengan standar nasional. Perbedaan yang signifikan terlihat pada standar isi. Implementasi standar isi pada tiga TK menjadi temuan karakteristik pada masing-masing TK. Pada TK Aviciena dan TK Jogja Green School memiliki satu kurikulum yang menjadi acuan yaitu K13, sedangkan pada TK IT Nurul Islam memiliki tiga kurikulum yang menjadi acuan yaitu K13, JSIT, dan JSAN. Materi kegiatan pembelajaran di setiap TK disajikan dengan menonjolkan kekhasan tiap TK seperti mengenalkan tahfidz, berbasis IT, dan inklusi. Implementasi kegiatan berbasis alam di tiga TK berbasis alam dilaksanakan secara eksplisit dan implisit. Kata kunci: Studi Komparatif, Taman Kanak-kanak Berbasis Alam.